Luar Biasa, Metodologi Pembelajaran Qurban dari SDM 2 Peneleh Surabaya

0
129
Praktek Qurban Sekolah Anak Saleh SD Muhammadiyah 2 Peneleh Surabaya, Top

Oknews.co.id – Sekolah Anak Sholeh SD Muhammadiyah 2 Peneleh, Surabaya menggelar simulasi pelaksanaan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (15/8/2018) pagi.

Sebanyak 197 siswa tampak antusias menjadi perserta simulasi. Sembari mengenakan baju gamis dan membawa sajadah, para siswa ini tampak bersemangat belajar tentang tata cara Shalat Idul Adha dibimbing oleh Ustadz Thouan.

 

“Shalat Ied itu dilaksanakan dua rakaat. Pada rekaat pertama diawali dengan takbir 7 kali. Setelahnya imam membaca surat Al-Fatihah dan disusul dengan membaca Ayat al-Quran. Sedangkan pada rekaat kedua diawali dengan takbir lima kali. Setelahnya sama dengan rakaat pertama. Selesai shalat ada khutbah Idul Adha,” terang Guru Ismuba ini.

Ia lalu miminta siswa untuk mempraktekan apa yang diterangkannya. Siswa pun berbondong-bondong untuk menata sajadahnya dan kemudian menunaikan shalat ied dua rakaat yang diimami oleh Iqbal Achwan. Siswa kelas VI ini juga diminta khutbah.

Selesai praktek shalat Idul Adha, siswa kemudian diajarkan tentang tata cara menyembelih hewan kurban sesuai syariat lengkap dengan simulasi visualnya. Yakni, siswa diajarkan bagaimana cara mengikat sapi, cara menjatuhkannya, sampai dengan cara memotong sapi.

Pembelajaran Sholat Id SDM 2 Peneleh

Kepala SDM 2 Peneleh Chorotur Rosyidah mengatakan, simulasi pelaksanaan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban ini merupakan kegiatan pembelajaran outdoor atau pembelajaran di luar sekolah menyambut datangnya Hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

“Kami ingin anak-anak bisa enjoy belajar tata cara shalat ied di lapangan sebagaimana sunah Nabi. Siswa juga tahu tata cara menyembelih hewan kurban dengan benar tanpa menyakiti hewan,” tandasnya.(AHA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.