Lurah Mbetek : Bangun Galeri Gerabah Sampai Titipkan Gerabah Ke Mahasiswa Luar Negeri

0
137
Dwi (Lurah Penanngungan) Bersama Uzlifah (Pimred Oknews.co.id) saat mengunjungi galeri gerabah penanggungan

Oknews.co.id, Kota Malang – Penggalian potensi daerah khususnya di kawasan Kelurahan atau Pedesaan perlu adanya sinkronisasi antara perangkat kelurahan dan masyarakat sekitar. Potensi tersebut bisa digali dari keunikan wilayah atau dari masyarakat yang mempunyai produk unggulan untuk dijadikan sebagai Branding kelurahan. Salah satu Kelurahan di Kota Malang ini memanfaatkan kreatifitas masyarakatnya untuk dijadikan Branding yaitu Kelurahan Penanggungan.

Kelurahan Penanggungan terletak di Kota Malang dan berdekatan dengan Kampus Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Kelurahan ini mempunyai 8 RW dan juga dilewati oleh sungai brantas.

Lurah Penanggungan mengatakan “Kita sudah punya beberapa potensi baik dari alam atau dari masyarakat penanggungan ini sendiri. Sungai brantas yang melewati Mbetek sangat bagus digunakan untuk destinasi pariwisata dalam kota” Ujar Dwi Hermawan Purnomo saat diwawancarai tim Oknews.co.id pada Rabu (10/4).

“Selain sungai Brantas, Mbetek juga mempunyai seniman-seniman handal dalam membuat gerabah. Konon beberapa wilayah dikota mencari guru gerabah dari Mbetek. seniman-seniiman ini sudah terhimpun didalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)” Tambah Dwi yang sering disapa dengan sebutan Pak Lurah.

“kami mengembangkan potensi Mbetek ini dengan membuat Galeri Gerabah, yang isinya dari masyarakat Mbetek sendiri. Mungkin dengan hal ini kreatifitas seniman Mbtek bisa tertampung dan dipromosikan ke luar malang. dan kami juga sering menitipkan kepada mahasiswa luar negeri yang kost di mbetek agar gerabah bisa dipromosikan di kancah internasional” Pungkasnya.

(DKI)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.