Mahasiswa Kesejahteraan Tanggap beri Seminar Keorganisasian

0
161
Permainan egrang (dok:red)

Oknews.co.id, Malang – Kesempatan Mahasiswa Praktikum II Kesejahteraan Sosial (KESOS) Universitas Muhammadiyah Malang yang beranggotakan 10 orang. Bimbingan Hutri Agustino, S.Sos., M.Si. Mengadakan Seminar Keorganisasian (29/8/2019).

Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya individu satu dengan yang lain untuk mencapai suatu satu tujuan yang sama. Dalam berorganisasi banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), strategi dalam mencapai tujuan, kerja sama tim, serta penyelesaian konflik dalam suatu organisasi, dan masih banyak lagi yang harus diperhatikan.

Desa Purwodadi salah satu desa yang ada di Kecamatan Donomulyo, mayoritas pekerjaan masyarakat disana banyak yang menjadi pekerja imigran atau bisa disebut dengan TKA (Tenaga Kerja Asing), salah satu faktornya yaitu faktor ekonomi. Akibat dari permasalahan ini banyak anak yang tidak mendapatkan secara penuh haknya, mulai dari pengasuhan, pendidikan, dan stigma negatif dari lingkungan sosialnya.

Dari permasalahan diatas muncullah Laskar Anak, komunitas ini diinisiasi oleh Bapak Mi’ut selaku ketua dari Forum Peduli Anak Pekerja Migran. Laskar Anak ini beranggotakan anak-anak yang ditinggal orang tuanya ke Luar Negeri maupun Non Luar Negeri. Dalam komunitas ini, anak-anak diberi pendidikan Building Character, maupun sekolah inklusi anak yang dibimbing oleh relawan-relawan Forum Peduli Anak Pekerja Migran (FPAPM).

Pemberian materi manajemen keorganisasian diberikan untuk Forum Laskar Anak yang merupakan naungan dari Forum Peduli Anak Pekerja Migran.

Materi ini diberikan agar Anak pekerja Migran bisa membina Organisasi yang ada, aktif membina forum dan memiliki ide baru dalam suatu forum sehingga anggota Forum Laskar Anak ini mempunyai ide baru sehingga semakin banyak kesadaran untuk mengikuti kegiatan yang dirancang oleh Forum Laskar Anak.

Acara tersebut diikuti oleh pengurus dan anggota Laskar Anak lebih dari 20 orang yang ditargetkan oleh kelompok praktikum KESOS tersebut.

Menurut Machfud Abdul Ghofur selaku penanggungjawab acara ini, pemberian materi manajemen keorganisasian betujuan untuk memberikan wawasan kepada pengurus dan anggota forum Laskar Anak itu sendiri, dan harapannya bisa mengaplikasikannya dalam forum tersebut maupun dikomunitas lainnya untuk mencapai tujuan atau visi dalam organisasi tersebut.

Sehingga harapan kami dalam memilih setting praktikum mengenai Community Development di Forum Peduli Anak Pekerja Migran ini akan memberikan dampak positif.

Kedepannya pengelolaan organisasi Laskar Anak tersebut dapat berjalan lebih baik dan pengurusnya dapat memberikan motivasi kepada setiap anggota dan teman-teman lainnya agar bisa menjalankan sebuah organisasi sebagaimana mestinya. Meskipun dengan kondisi ditinggalkan oleh orangtua, namun mereka tetap bisa memanfaatkan waktu dengan hal positif.

*Laskar Anak (Forum Perduli Anak Pekerja Migran) Donomulyo*
*Dr. Fauzik Lendriyono, M.Si. Kepala Laboratorium* *Kesejahteraan Sosial*
*Universitas Muhammadiyah Malang*

(DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.