Mahasiswa KKN UM Angkat Potensi Wisata Sumber Sugiwaras Ngadiluwih Kediri

0
195

Oknews.co.id, Kediri -Mahasiswa KKN Universitas  Negeri Malang siap ambil bagian dalam peremajaan di Wisata Sumber Sugihwaras (30/5/2019). Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri memiliki banyak potensi wisata yang bisa dimanfaatkan, yang salah satunya adalah Sumber Sugihwaras.

Sumber Sugihwaras merupakan salah satu destinasi wisata alam di Desa Dukuh.
“Wisata Sumber Sugihwaras memang menjadi keunggulan destinasi wisata yang ada di desa kami. Oleh karena itu, kami pun berusaha untuk mengelola dan mengembangkan tempat wisata tersebut supaya bisa meningkatkan jumlah pengunjung,” ujar Pengelola Sumber Sugihwaras, Darmini kepada reporter kami.

Mahasiswa UM terjun langsung untuk melakukan peremajaan baik di lokasi outbond dengan di lakukannya pengecatan tempat outbond maupun photoboth dengan sentuhan seni dari untuk mengembangkan potensi wisata disana. Tak luput pula peremajaan sudut baca disana yang mana salah satunya sebagai upaya peningkatan gemar membaca bagi masyarakat.

Sudut Baca merupakan tempat dimana digunakan untuk membaca, sejenis perpustakaan yang ada di daerah namun dalam bentuk mini. Adanya peremajaan dan pengembangan sudut baca ini sebagai upaya peningkatan literasi yang tidak hanya bisa dilakukan di sekolah formal maupun nonformal saja, akan tetapi juga dilakukan di lingkungan masyarakat. Hal ini harapannya dapat meningkatkan budaya membaca di lingkungan masyarakat dengan adanya sudut baca ini.

Di sana terdapat beberapa rak baca berbahan kayu yang menempel di dinding dan menopang dengan rapi berbagai macam buku yang sudah di cat dan di tata ulang oleh mahasiswa UM. Sudut baca di Sumber Sugihwaras terbuka lebar bagi setiap pengunjung yang datang sebagai sarana prasarana untuk menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat.
Dengan adanya peremajaan di Wisata Sumber Sugihwaras ini tentunya tak lain sebagai salah satu upaya Mahasiswa UM untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN UM pulang kampung ini sangat membantu kami, harapannya dengan adanya kegiatan peremajaan dan pengembangan sudut baca ini bisa menjadi sarana kegiatan outbond edukasi, selain itu dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Wisata Sumber Sugihwaras sehingga bisa meningkatan pendapatan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Darmini. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.