Mahasiswa KKN UM Sebar 1000 Masker Desa Agrosuko Kabupaten Malang

0
116

Oknews.co.id – MALANG, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pembagian 1.000 masker kepada warga Desa Agrosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan program kerja nyata mahasiswa UM terhadap masyarakat (11/06/2020).

Proses pembagian 1.000 masker dilakukan langsung oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sesuai. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh merebaknya pandemi Covid-19 asal Kota Wuhan, China. Tujuan diadakannya pembagian masker ini diorientasikan pada edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui langkah preventif dalam memutus mata rantai Covid-19.

Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah berhenti dalam melakukan interkasi. Sebagai bentuk dari pemenuhan kebutuhan kehidupan sehari-hari, manusia melakukan kontak dan komunikasi dengan lingkungan sosialnya. Kondisi demikian menjadi poin penting dalam melakukan tindakan pencegahan pandemi Covid-19, mengingat proses penularan dilakukan melalui interaksi, komunikasi, dan kontak sosial melalui droplet dari individu ke individu lainnya.

Pendistribusian masker dilaksanakan pada hari Kamis, 11/06/2020. Pembagian masker ini dimulai pada pukul 15.00 WIB waktu setempat hingga selesai. Terdapat dua sasaran dalam pembagian masker ini yaitu pada TPQ dan Pasar Desa. Sasaran ini didasarkan atas daerah tempat yang memiliki resiko tinggi terjadinya penularan atau penyebaran pandemi Covid-19. Selain berkaitan dengan lokasi, pemilihan dua sasaran tersebut didasarkan atas salah satu unsur dalam resiko bencana (bahaya, kapasitas, dan kerentanan) yaitu kelompok rentan (perempuan dan anak) menjadikan mahasiswa KKN Edisi Covid-19 Desa Agrosuko memprioritaskan pada lokasi tersebut.

Menurut Dwi Mega Pratiwi, Kamis, 11/06/2020 selaku perwakilan mahasiswa KKN UM Edisi Covid-19 Desa Agrosuko berharap dengan diadakannya program kegiatan pembagian 1.000 masker kepada warga Desa Agrosuko dapat meningkatkan rasa self awareness terhadap pandemi Covid-19. Selain itu juga berkaitan dengan langkah nyata mahasiswa KKN UM Edisi Covid-19 Desa Agrosuko untuk membantu masyarakat di sekitarnya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di desa Agrosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Penulis : Muhammad Naufal Islam/Mahasiswa KKN UM

Editor : Baba Barry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.