Mahasiswa UM Berhasil Buat Alternatif Baru Cara Pengobatan Anti Kanker Berbahan Dasar Pasir Besi

0
95

Oknews.co.id, Malang – Permasalahan penyakit kanker mendapat perhatian yang serius di seluruh negara di dunia. Pada tahun 2018 WHO menyatakan, bahwa jumlah kasus kanker mencapai 18,1 juta dan menyebabkan kematian pada 9,6 juta orang. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Serikat Pengendalian Kanker Internasional (UICC) memperkirakan bahwa pada tahun 2030 penderita kanker mengalami peningkatan sebesar 300 persen.

Saat ini, empat strategi terapeutik konvensional untuk terapi kanker adalah operasi, radiasi, kemoterapi, dan imunoterapi. Umumnya kemoterapi lebih sering digunakan namun memiliki banyak kekurangan, seperti toksisitas tinggi dan efek samping obat kanker pada sel sehat.

Oleh karena itu banyak penelitian yang mengembangkan teknologi drug delivery menggunakan partikel nano magnetik untuk penghantaran obat doxorubucin. Partikel nano magnetik yang terbukti mampu mengantarkan obat secara optimal adalah Fe3O4 menggunakan bantuan magnet eksternal sehingga mampu mengarahkan obat doxorubicin (DOX) ke sel kanker dengan tepat. Partikel nano Fe3O4 dapat disintesis dari bahan alam yang sangat banyak tersedia di Indonesia yaitu pasir besi.

Tiga mahasiswi fisika dari Universitas Negeri Malang (UM), Fitrianingsih, Kusnunnahari, dan Rosita Kartika Putri dibawah bimbingan Dr. Ahmad Taufiq S.Pd, M.Pd, dosen fisika UM memanfaatkan pasir besi dari pantai Sine, Tulungagung menjadi partikel nano magnetik sebagai agen penghantaran obat kanker.

Penelitian ini menggunakan partikel nano Fe3O4 yang dikombinasikan dengan TiO2 dalam bentuk core-shell sebagai agen drug delivery system untuk obat doxorubicin. TiO2 sebagai shell merupakan partikel nano yang mampu melindungi material core Fe3O4 dari oksidasi lingkungan. Preparasi sampel diawali dengan pembuatan partikel nano Fe3O4 yang disintesis menggunkan metode kopresipitasi.

Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan partikel nano core-shell Fe3O4@TiO2 menggunakan metode sol-gel. Langkah terakhir adalah kararterisasi sampel menggunakan XRD, FTIR, SEM, XRF, dan pengujian drug loading dan release DOX. Hasil Penelitian ini diharapkan partikel nano Fe3O4@TiO2 sistem drug delivery dapat mengoptimalkan kemanjuran obat kanker doxorubicin dengan meminimalkan efek samping dari obat pada sel normal. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.