Mahasiswa UM Ciptakan Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh

0
83

Oknews.co.id – Permasalahan aktual yang sedang terjadi di Indonesia hingga saat ini yaitu Pandemi Covid-19 yang terus menunjukkan peningkatan kasus setiap harinya.

Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan khususnya tindakan paling disarakan untuk mengurangi angka positif Covid-19 adalah upaya preventif dengan mematuhi protokol pencegahan. Covid-19 tergolong dalam kelompok virus yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan pencernaan pada manusia.

Tingkat keparahan infeksi pada penderita sangat ditentukan oleh kemampuan virus dalam mengalahkan respons imun pada tubuh orang yang terinfeksi. Kerusakan pada sistem imun menyebabkan SARS-CoV-2 terus bereplikasi dan merusak jaringan tubuh.

Hingga saat ini obat dan vaksin untuk mengobati Covid-19 masih belum bisa digunakan dan belum jelas validasi keberhasilannya. Menurut hasil survey perkembangan kasus positifnya, banyak pasien positif sembuh dari Covid-19 adalah mereka yang memiliki antibodi yang kuat. Oleh karena itu, kami “Treefused” yang merupakan usaha yang bergerak dibidang industri minuman dan makanan sehat menciptakan sebuah produk minuman stimulan dengan brand “Zilotus Imunostimulus” minuman infused water berbahan dasar plasmanutfah sebagai peningkat daya tahan tubuh.

Ide ini diwujudkan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang berhasil mendapatkan pendanaan dalam Kompetisi Bisnis dan Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) Tahun 2020. Zahra Firdaus, Widad Lazuardi, Mutia Ananda, dan Muhammad Fahmi mahasiswa Program Studi Biologi serta Bobby Aland Pratama mahasiswa Program Studi DKV inilah yang mengangkat konsep bisnis Zilotus Imunostimulus.

Dijelaskan Widad Lazuardi, produk Zilotus merupakan inovasi minuman herbal dengan proses infused yang memanfaatkan kekayaan plasmanutfah Indonesia. Bahan dasar dari minuman ini terdiri atas, Jahe (Zingiber officinale), Kunyit (Curcuma longa), Serai (Cymbopogon citratus) dengan penambahan ekstrak jeruk nipis. Penambahan ekstrak jeruk nipis (Citrus aurantiifolia) diambil dari hasil uji organoleptik kepada dosen Biologi FMIPA UM.

Manfaat dari Zilotus membuat kami para pemilik usaha percaya bahwa Zilotus mampu menjadi minuman yang mampu membantu menjadi tindakan preventif yang sangat diperlukan oleh konsumen.

Menurut Widad, di Indonesia belum ada produk minuman infused water dan imunostimulus seperti ini. Kalaupun ada, produk adalah berupa jamu-jamuan yang tidak semua masyarakat menyukainya. “Berbeda dengan produk kami Zilotus, yang dibuat dari 100% bahan alami dan terstandarisasi, menggunakan teknologi double sterelization process agar proses higenis, rasa nikmat dan natural, packaging yang unik dan dapat dibawa kemana-mana, sehingga dapat diterima oleh seluruh masyarakat dari berbagai usia dan tanpa memandang gender,” terang mahasiswa angkatan 2018 asal Malang, Jawa Timur.

Dalam lomba yang diikuti mahasiswa seluruh Indonesia ini, mereka menawarkan bisnis berupa produk minuman imunostimulus yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sebagai tindakan preventif dalam mencegah Covid -19. Selain itu, Zilotus mampu menjadi produk inovatif yang bernilai jual dan bermanfaat untuk semua masyarakat umum dalam menjaga kesehatan. Produk Zilotus ini diharapkan juga mampu dikomersialkan lebih luas lagi agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Penulis : Widad Lazuardi 

Editor : Cakra Yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.