Mahasiswa UM menginovasi Superkapasitor HINDOBAT sebagai Energy Storage

0
77

OKnews.co.id, Malang – Mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini menemukan solusi dari permasalahan kelangkaan energi fosil yakni pembuatan superkapasitor sebagai energy storage.

Fathinnatussifa selaku ketua penelitian memaparkan, “Superkapasitor merupakan solusi bagi masyarakat untuk kelangkaan energi yang terjadi saat ini. Superkapasitor ini dapat digunakan dengan fleksibel sehingga dapat diterapkan di berbagai alat, selain itu superkapasitor ini juga dapat mengurangi efek penggunaan energi terhadap lingkungan dikarenakan kami menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan”. ujar Mahasiswa fisika tersebut.

Tim PKM ini meneliti superkapasitor HINDOBAT yang merupakan singkatan dari Hybrid Ni-Doped BaTiO3. Rizky yang merupakan salah satu anggota menuturkan, “BaTiO3 merupahan bahan yang memiliki konstanta dielektrik yang sangat tinggi pada suhu ruang dan juga memiliki nilai ‘dielectric loss’ yang besar pula. Oleh karena itu, keramik BaTiO3 dapat digunakan sebagai superkapasitor. Penambahan sejumlah kecil pengotor dapat memodifikasi sifat dielektrik BaTiO3 dan barium titanat yang mengalami proses pen-dopingan ternyata memiliki aplikasi yang lebih luas, sehingga pada penelitian ini BaTiO3 di doping dengan material Ni”.

Putri menjelaskan, “Superkapasitor HINDOBAT dibuat dengan menggunakan metode blending berdasarkan metode yang telah berhasil diterapkan oleh beberapa peneliti”. Ungkapnya senin (11/6)

Oleh karena itu, tim PKM ini menggunakan metode blending. Beberapa tahapan yang dilakukan yakni pembuatan partikel Ni, pencampuran Ni dengan BaTiO3, dan pembuatan komposit Ni-BaTiO3/PVDF. Dalam penelitian ini PVDF digunakan sebagai bahan polimer untuk menunjang fleksibilitas superkapasitor.

“Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengatasi krisis energi yang terjadi di masyarakat serta dapat mengembangkan superkapasitor yang fleksibel sehingga dapat diproduksi massal di Indonesia”, tambahnya Fathinnatussifa.(Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.