Mahasiswa UM Sosialisaikan BPJS ke Desa Sambigede Sumberpucung Malang

0
298

Oknews.co.id, Malang – Di Desa Sambigede masih banyak warga yang belum mengetahui perbedaan dari BPJS, KIS maupun JKN. Melihat masalah tersebut, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Sambigede mengadakan Sosialisasi tentang BPJS sebagai salah satu program kerjamahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan pada hari kamis (28/6). Mahasiswa KKN mendatangkan langsung pemateri dari kantor BPJS pusat kabupaten Malang yang ada di Kepanjen. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu rumah warga yang bertepatan dengan perkumpulan kader kesehatan dari desa tersebut.

Ketua Pelaksana, Riza Mahdalena mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberi pemahaman mengenai jaminan kesehatan BPJS. “Mengingat jaminan kesehatan adalah hal yang sangat penting dan menurut bidan Desa Sambigede saat ini masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai jaminan kesehatan BPJS. Maka dari itu, kami adakan sosialisasi tentang BPJS ini,” ujar mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang ini.

Ia mengharapkan, kegiatan ini nantinya bisa lebih memahami mekanisme pendaftaran jaminan kesehatan BPJS. “Kita berharap masyarakat tahu mengenai jaminan kesehatan BPJS serta prosedur pelayanan yang berkaitan dengan cara pendaftaran untuk menjadi peserta BPJS kesehatan,” harapnya.

Dalam sambutannya ketua kader kesehatan dan Kepala Desa sangat senang dengan program sosialisasi BPJS ini karena sosialisasi tersebut sangat diperlukan untuk warga yang belum memahami sepenuhnya tentang BPJS, bahkan ada yang masih belum mendaftarkan diri.

Pada acara inti, Winda selaku narasumber dari pihak BPJS menjelaskan bahwa BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, JKN adalah programnya, dan KIS merupakan kartunya.

Selanjutnya, Winda mengatakan bahwa semua kepala keluarga beserta anggotanya berhak mendaftarkan diri untuk memperoleh jaminan kesehatan. “Sehingga ketika berobat di puskesmas dan rumah sakit dapat digunakan,” ungkapnya. Winda juga menjelaskan tentang Iuran jaminan kesehatan yang dibagi menjadi tiga kelas yang dibayar setiap bulannya, yaitu kelas satu Rp. 80.000,-, kelas dua Rp. 51.000,- dan kelas tiga sebesar Rp. 25.500,-.

Pada akhir acara, pihak dari BPJS mengucapkan terimaksih kepada mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang telah mengundang dalam acara sosialisasi tentang BPJS sehingga pihak BPJS terbantu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat di Desa Sambigede. (Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.