Mahasiswa UM Temukan MEDILKA, Inovasi Dari TPA ke TPQ

0
128

Oknews.co.id, Malang – Sampah bagi mayoritas orang adalah limbah yang sudah tidak memiliki nilai guna. Keberadaannya membuat orang merasa terganggu, namun ironis banyak orang menghasilkan sampah dari aktivitas konsumsi yang meraka lakukan tanpa merasa berdosa.

Namun lain bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang dikomandani oleh Yogga Fatkhul Munir jurusan Akuntansi UM beserta keempat timnya Linda Buana Sari, Miftakhul Hanifah Fauziyah, Latief Mubasyir, dan Luhtitis Enggar Permatasari.Ditangan mereka sampah menjadi karya cipta dan ladang rezeki. Olahan sampah kreasi mereka diberi nama MEDILKA.

MEDILKA merupakan papan berbahan dasar limbah plastik yang dikemas dengan proses cacah press. Papan plastik dijadikan meja lipat yang menarik dan memiliki ketahanan yang kuat dibandingkan dengan meja lipat pada umumnya.

“MEDILKA dapat mengurangi volume limbah plastik sekitar 2 kilogram dalam satu produk meja, jadi jika kami memproduksi 10 meja lipat tiap harinya maka akan mengurangi limbah plastik sekitar 20 kilogram. MEDILKA merupakan bentuk simpati kami terhadap sampah plastik yang selalu bertambah kuantitasnya. Kami memunculkan gagasan untuk mengolah sampah plastik untuk menjadi barang bernilai jual.

Sampah plastik yang semula hanya bisa berserakan dilingkungan padat penduduk, saat ini dapat dirubah menjadi barang bernilai profit dengan menggunakan alat dan metode pengolahan, yaitu pemilahan dan pencacahan sampah kemudian pengepresan dengan menggunakan mesin berdaya panas tinggi, sehingga terbentuk papan plastik yang kuat, yang kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi meja belajar” Ujar Latief salah satu anggota dari jurusan Teknik UM.

Untuk mengenalkan produk MEDILKA seluruh Tim mengikuti kegiatan Pekan Kewirausahaan yang diadakan Fakultas Ekonomi UM pada tanggal 29-30 April 2019 kemarin. Acara yang juga dihadiri oleh beberapa Tim dari Universitas Ciputra Surabaya serta agen Air Asia Malang. Produk MEDILKA mendapatkan apresiasi dari pihak-pihak tersebut, harapan mereka agar MEDILKA semakin dikenal masyarakat bukan hanya lingkup Kota Malang saja melainkan merambah ke kota lainnya.

Danny Bella, salah satu perwakilan agen Air Asia Malang sekaligus juri dalam pameran Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menyatakan bahwa sangat mengapresiasi salah satu karya mahasiswa dalam menciptakan produk MEDILKA yang berupa meja lipat yang ramah lingkungan dan menginginkan ada pemuda-pemuda lain yang mengikuti jejak kelima mahasiswa inspiratif tersebut.“MEDILKA diperuntukkan bagi pelajar anak-anak usia 6-12 tahun yaitu pada anak usia TK dan SD” Ujarnya

Selain itu juga untuk santri Madrasah di pondok pesantren atau TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Sehingga kami memiliki slogam MEDILKA dari TPA (Tempat Pembuangan Akhir) ke TPQ” Tutur Linda salah satu tim MEDILKA. Produk MEDILKA juga dipasarkan di beberapa media Online seperti Instagram @medilka_furniture, Facebook Medilka Furniture dan beberapa media online lainnya. Pemasaran online dirasa menjanjikan karena mengingat dunia digital sangat berpengaruh dalam berenterprenaur.

Dibanding dengan meja lain, Medilka memiliki keunggulan sehingga mampu untuk menembus pasar bisnis dan bersaing kompotitor usaha sejenis. Diantaranya, Medilka mempunyai corak yang khas karena hasil perpaduan dari berbagai warna sampah yang mampu memikat calon pembeli.

Medilka juga memilki daya tahan yang lama sebab MEDILKA berasal dari plastik hingga tahan terhadap rayap. Poin utama keunggulan tentunya produk Medilka lebih ramah lingkungan karena meja ini berorentasikan pada kepedulian lingkungan. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.