Mahasiswa UMM Turut Serta Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan di Era New Normal

0
77

Oknews.co.id – Balikpapan, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ikut turut andil bagian dalam upaya menerapkan protokol kesehatan dalam rangka Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa di Rt. 17 dan Rt. 59 di kelurahan Sepinggan Baru, Kota Balikpapan. Hal ini mereka lakukan guna turut serta meningkatkan kewaspadaan serta turut serta ikut mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.

Mahasiswa ikut turut serta menerapkan protokol kesehatan di dalam kegiatan Idul Adha dengan cara membatasi masyarakat yang masuk untuk mengambil daging qurban. “Dalam pengambilan daging qurban, dilakukan pembatasan 2 atau 3 orang sekali yang mengambil daging qurban, dan juga sembari mengantri giliran masuk diterapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan dan mengatur masyarakat agar menjaga jarak saat mengantri. Selain itu kami membagikan masker bagi warga yang tidak memakai masker sembari membagikan selembaran yang berisi tentang protokol cuci tangan, pencegahan Covid-19, serta tanda-tanda bila tertular Covid-19” ujar Alfina salah satu anggota Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiwa tersebut.

Dalam upaya menerapkan protokol kesehatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang memberikan edukasi dengan cara sosialisasi kepada masyarakat Rt. 17 dan Rt.59 di Kelurahan Sepinggan Baru, Kota Balikpapan dengan mengadakan belajar bareng guna mengajak anak-anak kecil untuk mengenakan masker dan menjaga jarak guna membiasakan anak-anak sd dan smp menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat. Selain itu mahasiswa Universitas Muhammadiyah turut andil untuk mensosialisasikan kepada warga setempat tentang sikap peduli terhadap Covid-19 dengan mengajak untuk menyediakan tempat cuci tangan menggunakan barang bekas yang tak terpakai agar tidak tidak menjadi sampah dan dapat digunakan sebaik mungkin guna menghemat pengeluaran di masa pandemi seperti ini.

“Dalam kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) ini, kami mengusung tema tentang edukasi Covid-19 sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam era new normal” ujar Wisnu.

Dengan adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penularan covid-19 khususnya di Rt. 17 dan Rt. 59. Selain itu juga turut serta dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 yang kian meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.