Maksimalkan Potensi Wilayah, KKN UM 2019 Berikan Pelatihan Pengolahan Dan Pemasaran Produk Olahan Nugget

0
81

Oknews.co.id, Desa Sumberagung, Kabupaten Lamongan – Kelompok mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) memberikan Program Pelatihan dan Pemasaran Produk Olahan Sayur dan Ikan dengan sasaran Ibu – Ibu PKK di Desa Sumberagung, Kabupaten Lamongan.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin tanggal 1 Juli 2019 bertempat di Balai Desa Sumberagung. Program Pelatihan dan Pemasaran Produk Olahan Sayur dan Ikan yang diberikan mahasiswa KKN UM ini berupa pemberian materi menganai materi Branding dan Analisis Pasar, kemudian dilanjutkan dengan demo memasak secara langsung.

(dok: Arsip Pengolahan Produk Olahan Makanan)

Kabupaten Lamongan memiliki luas wilayah kurang lebih 1.812,8 km2 atau ± 3.78% dari luas wilayah Provinsi Jawa Timur. Dengan panjang garis pantai sepanjang 47 km, maka wilayah perairan laut Kabupaten Lamongan adalah seluas 902,4 km2, apabila dihitung 12 mil dari permukaan laut. Daerah yang sebagian besarnya adalah lautan inilah memungkinkan pekerjaan warganya sebagi nelayan, sehingga hasil laut di Lamongan khususnya ikan sangatlah melimpah.

Selain nelayan, sebagian warga Lamongan memiliki mata pencarian sebagai petani, sehingga hasil pertanian berupa sayur juga cukup melimpah. Oleh karena itu Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang berusaha untuk memaksimalkan potensi di daerah Lamongan dengan cara memberi pelatihan dan tata cara pemasaran produk sehingga mampu meningkatkan harga jual produk untuk guna menuju terciptanya kelompok masyarakat ekonomi kreatif di daerah Sumberagung.

Produk yang dikembangkan dalam kegiatan ini adalah sayur bayam, wortel, kol putih, serta ikan bandeng. Hal lain yang melatar balakangi pengolahan sayur adalah sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang paling besar, namun sebagian besar anak – anak kurang menyukai sayur.

Oleh sebab itu kami berencana mengolah sayur semenarik mungkin agar diminati oleh anak kecil bahkan orang dewasa. Resep yang dikembangkan untuk mengolah sayur dan ikan adalah dengan cara membuat nugget.

Langkah awal yang kami lakukan adalah memberikan resep yang telah dicoba sebelumnya kemudian diberikan kepada peserta kegiatan, dalam hal ini adalah Ibu-Ibu PKK Desa Sumberagung.

Kemudian dilanjutkan dengan demo memasak secara langsung yang disampaikan oleh perwakilan rekan KKN UM yakni Amalia Rahma Sakinah, Munirotus Sholihah, serta Siti Nur Hidayatun Fadhilah. Kegiatan ini sangat diminati oleh peserta karena peserta dapat secara langsung mengetahui tahap tahap pembuatan nugget. Salah satu Ibu PKK bahkan mengungkapkan bahwa “Ternyata mudah ya!, saya akan sering membuat ini”.

Antusiasme peserta ini diaharapan mampu menggerakkan terbentuknya UMKM dalam hal pengolahan produk. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi mencicipi hasil olahan produk oleh seluruh peserta.

Sebagian besar peserta pada kegiatan ini berebut untuk membeli hasil olahan produk yang telah dibuat karena merasa puas dengan hasil olahan produk tersebut. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.