Mbak Dewi Cawabup Kediri, Serius Garap Kopi Jugo jadi Brand Berskala Nasional

0
82

Menyeduh kopi yang nikmat butuh tangan trampil seorang barista. Anak muda di desa Jugo kecamatan Mojo, kabupaten Kediri sendiri sudah banyak yang ingin menyajikan kopi agar mempunyai cita rasa yang tinggi. Perluh di ketahui jika desa ini merupakan salah satu desa penghasil kopi di kabupaten Kediri. Setidaknya, di wilayah ini, ada lebih dari 5.500 pohon kopi Robusta dan menghasilkan kopi mencapai 16 ton sekali panen.

Apalagi saat ini trend pertumbuhan cafe dan kedai kopi yang sangat pesat di kabupaten Kediri,tentu ini membutuhkan banyak barista profesional, oleh karena itu pemuda desa Jugo mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Kopi yang bertemakan Pengembangan dan Pengoptimalkan Perkebunan Kopi Robusta. Menurut pantauan tim lapangan relawan Bravo Dhito Dewi yang meliput kegiatan tersebut, Pelatihan Pembuatan Kopi ini dihadiri oleh lebih dari 50 orang dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Pada kegiatan itu, mbak Dewi Mariya Ulfa selaku calon wakil bupati kabupaten Kediri berkesempatan untuk membuka kegiatan pelatihan tersebut.

“Sebenarnya ini merupakan komitmen kami juga, yaitu saya dan mas Dhito ketika kelak terpilih memimpin kabupaten Kediri, yaitu mengembangkan potensi daerah seperti yang ada di desa Jugo ini, Kedepan kami juga memiliki program yang kami beri nama DEWI (Pengembangan Desa Wisata Kabupaten Kediri), program ini akan kami terapkan di desa Jugo sehingga kelak bisa terjadi pemberdayaan kopi dari hulu sampai hilir” ujar mbak Dewi

“Jadi selain menjadi penghasil kopi desa Jugo akan menjadi desa wisata kopi di kabupaten Kediri, tentu ini semua dapat terwujud ketika semua elemen masyarakat bersatu, mulai dari petani kopi hingga generasi millenial yang siap mengolah dan menyajikan kopi secara profesional, maka saya sangat mensupport sekali pelatihan-pelatihan seperti ini”. tambahnya,

“Selain progam itu kami juga mempunyai program lain yaitu, NGOPI (Ngobrol Persoalan dan Solusi) disini kami ingin menyerap aspirasi langsung dari masyarakat dengan cara berdialog langsung kepada masyarakat dengan metode ngopi bareng, ada juga Program, Pemberdayaan UMKM yaitu program pemberian Legalitas UMKM Gratis, Pembinaan, pemberian Modal dan Akses Pasar yang pastinya akan memfasilitasi produk kopi Desa Mojo untuk menjadi sebuah Brand Kopi yang bersekala nasional”

“Dengan ketiga program itu kami berharap kedepan dapat di terapkan di Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, sehingga dapat mengembangankan dan mengoptimalkan perkebunan kopi Robusta yang sudah ada saat ini, dan dapat menjadikan produk kopi Kediri ini bisa menembus pasar nasional dan Internasional”

“Terakhir saya juga memohon doa restu dan dukungan kepada seluruh elemen masyarakat Kediri, khususnya masyarakat Desa Jugo untuk memilih kami mas Dhito dan Mbak Dewi pada tanggal 9 Desember mendatang dengan cara datang ke TPS dan memilih kotak yang ada gambarnya” Ujar Dewi yang juga merupakan Ketua Fatayat Kabupaten Kediri tersebut.

Sedangkan menurut Anjar, Ketua Tim Relawan Bravo Dhito Dewi, kegiatan ini sangat baik untuk mengaet pemilih millenial, karena ini bukti jika pasangan Dhito-Dewi sangat memfasilitasi para generasi millenial untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri.
(Red:Risma N.S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.