Media dalam Membangun Opini Masyarakat

0
201

Oknews.co.id – Malang, Pada era saat kita ketahui bahwa informasi dan komunikasi sudah sangat mudah untuk di akses sehingga dapat memudahkan manusia dalan menjalankan aktivitas. Media sudah berevolusi dari yang dulu masih serba susah untuk medapatkan informasi atau berkomunikasi dan sekarang sudah menjadi hal yang biasa.

Pastinya dengan canggihnya media saat ini kita pun bisa melihat profil orang lain tanpa harus berkenalan secara langsung. Artinya bahwa lewat media kita bebas melakukan apapun. Melihat peluang ini pasti pemerintah maupun instasi lain menjadikan salah satu yang sangat bisa dimanfaatkan, terutama dalam pemerintah maupan instasi lain mengambil hati masyarakat agar bisa ikut apa-apa hal yang bisa membuat masyarakat berpartisipasi entah itu kegiatan ataupun sebagainya.

Mulai dari sinilah media menjadi peran penting dalam membangun opini masyarakat terhadap suatu yang ditunjukan melalui media. Bisa dilihat saat ini di masa pandemi COVID-19, media menjadi salah satu keberhasilan dalam kampanye pemerintah #dirumahaja, salah satu pencegahan persebaran virus corona di Indonesia ini. Seperti contoh lain pada masa Pemilu 2019 tahun lalu melalui media menciptakan propaganda politik yang snagt besar. Bisa di artikan bahwa media menjadi salah satu hal yang penting dalam politik terutama menarik hati masyarakat.

Yang cukup untuk diwaspadai adalah menjadikan media sebagai alat manipulasi informasi yang akhirnya terbentuknya hoax semata-mata hanya untuk memnutupi masalah yang seharuysnya di selesaikan. Artinya media sebagai pusat informasi memberikan informasi yang bermanfaatuntuk kebaikan bersama. Maka dari itu media menjadi peran penting pada zaman sekarang dan juga menjadi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

 

Penulis:

Syarifuddin Raisul Haq K.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi – Universitas Muhammadiyah Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.