Membuka Rahasia Team Sukses

0
162

OKNEWS.CO.ID – Tim Sukses adalah sebuah tim kerja yang dibentuk untuk melakukan kegiatan pemasaran politik. Tim sukses direkrut dari tenaga tenaga potensial sesuai tugas dan fungsinya. Tim sukses terdiri dari :

  1. Penasihat, berfungsi memberi masukan dalam hal strategi dan langkah langkah yang perlu diambil oleh partai atau calon dalam mencapai tujuan, seperti memenangkan pemilu dan merangkul pihak pihak ynag menentukan dalam pemilihan suara. Para penasihat biasanya memiliki kematangan dan pengalaman sebgai politisi, dan mengikuti perkembangan dengan melihat dimendsi-dimensi strategi yang dilihat oleh orang lain.
  2. Tim Ahli, ialah kelompok ahli yang diangkat menurut bidangnya. Biasanya tugas tim ahli adalah menyusun program yang akan dibawakan oleh calon, member substansi atau tema terhadap isi pidato yang akan dibawakan, dengan mem-back up calon jika ada pertanyaan pertanyaan yang menyangkut bidang keahliannya. Tim ahli biasanya terdiri atas bidang bidang politik, ekonomi dan keuangan, komunikasi, ketahanan dan keamanan, social budaya, kebijakan dan kerja sama luar negri.
  3. Tim Riset dan Litbang, ialah sekelompok para peneliti yang bertugas untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan partai, misalnya persepsi masyarakat terhadap ccitra partai, pendapat masyarakat terhadap kapabilitas calon yang mengusung, peta politik pemilih, dan juga melakukan pelatihan-pelatihan untuk para kader dalam bidang bidang yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja partai.
  4. Tim Pengumpul Dana, seorang calon kandidat memerlukan tim pengumpul dana (fund rising) yang mengetahui sumber-sumber dana yang dapat mereka manfaatkan. Hal ini dikarenakan calon kandidat tidak hanya mengorbankan waktu yang banyak tetapi juga memerlukan dana yang besar. Biasanya tim pengumpul dana memiliki hubungan yang baik dengan para pengusaha.
  5. Tim Kampanye, ialah mereka yang merencanakan dan menggerakan kampanye untuk memasarkan calon yang diajukan partai. Untuk menggerakkan kampanye seharusnya ditunjuk seorang manajer kampanye yang memiliki keahlian dalam bidang perencaan dan strategi komunikasi atau memiliki pengalaman dan hubungan yang baik dengan media.
  6. Tim Penggalangan Massa, adalah orang orang yang direkrut untuk menggalang massa, baik untuk kepentingan pengumulan suara maupun show force untuk menunjukkan kekuatan partai kepada masyarakat dan calon pemilih. Biasanya dilakukan untuk kampanye public di lapangan terbuka, pawai, atau konser music.
  7. Tim Hubungan Antardaerah, merupakan orang orang yang dipercayakan untuk menangani hubungan antara pengurus pusat dengan pengurus wilayah dan cabang yang ada di ibu kota provinsi dan kabupaten.
  8. Tim Pengamat (Intelijen), biasanya terdiri dari orang orang yang memiliki latar belakang kemiliteran dan kepolisian dibidang intel dan penyidikan. Tim pengamat mengumpulkan dan menginformasikan (data) ke pemimpin partai untuk segera diambil tindakan dalam mengatasi hal tersebut. Ia juga menjadi mitra Tim Riset dan Litbang untuk menyusun strategi yang menguntungkan.
  9. Tim Pengamanan, sangat penting terutama untuk member perlindungan, keamanan pada calon yang diusung oleh partai. Sebab di Negara-negara yang memiliki kondisi keamanan yang belum stabil, maka perlindungan kepada calon, apalagi untuk posisi Calon yang sangat diperlukan. Tim pengamanan biasanya direkrut dari tenaga terlatih dalam menggunakan senjata api, mislnya mantan tentara atau polisi.
  10. Tim Pengumpul Suara (vote getter)mereka terdiri dari orang orang yang direkrut karena pengaruhnya yang besar dalam masyarakat. Mereka biasanya memiliki kedudukan social ekonomi yang terpandang missal mantan mentri, gubernur, bupati, pemilik tanah pertanian yang memiliki pekerja yang banyak, pengusaha nelayan dan pelayaran yang punya anak kapal, imam desa dan tokoh tokoh adat yang disegani oleh masyarakat karena memiliki charisma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.