Menggiurkan!!! Ternyata Kerang Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

0
70
Manfaat bagi kesehatan tubuh

Oknews.co.id – Kerang merupakan makanan laut yang memiliki rasa yang luar biasa khas dan juga gurih. Banyak yang tidak tahu kalau kerang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Di dalam kerang terbukti memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Seperti yodium, omega 3, magnesium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin E, dan masih banyak lagi. Kerang juga disebut-sebut membantu mengatasi beberapa penyakit. Inilah manfaat-manfaat kerang bagi kesehatan sebagai berikut:

  1. Mengatasi Nyeri Sendi

Kerang memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat meningkatkan fungsi syaraf dalam tubuh kita. Tak heran bila kerang disebut-sebut dapat mempercepat proses pemulihan otot-otot yang terasa kaku dan nyeri. Salah satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa penduduk di Selandia Baru memiliki risiko radang sendi yang sangat kecil, karena rutin mengonsumsi kerang hijau setiap harinya.

  1. Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis / tulang keropos tak lagi dialami oleh lansia. Orang yang masih muda pun banyak yang terkena osteoporosis. Maka dari itu, sebaiknya kamu mulai menjaga kesehatan tulangmu. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kerang karena di dalamnya terdapat banyak kandungan kalium. Kalium ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Mencegah Infeksi

Kamu tentu tahu kalau tubuh tidak boleh sampai terkena infeksi karena bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untungnya, kerang memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah terjadinya infeksi. Maka dari itu, konsumsilah kerang jika kamu baru saja mengalami luka fisik.

  1. Cepat Menyembuhkan Luka

Kita pernah mengalami luka fisik pada diri kita, baik itu luka besar ataupun luka kecil, dapat menyebabkan kulit kita menjadi rusak. Agar luka bisa segera sembuh, biasanya kita dianjurkan untuk mengonsumsi kerang. Karena kerang memiliki kandungan sel yang dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kerang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit kita. Di dalam kerang, terdapat kandungan omega 3 dan juga vitamin E yang dapat merawat kulit agar tidak cepat keriput dan tetap awet muda. Kerang juga mampu menyamarkan noda ataupun menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada di bagian wajah.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan penyakit karena kekurangan sel darah merah. Jika kamu tidak ingin terkena anemia, maka salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi kerang. Di dalam kerang ini, terdapat banyak sekali kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia.

  1. Mengatasi Asma dan Bronkitis

Penyakit asma dan bronkitis juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi kerang hijau secara rutin. Karena kerang hijau memiliki kandungan asam amino yang bisa meminimalisir sejumlah masalah pernafasan.

  1. Mengatasi Hepatitis 

Kerang juga bisa membantu menyembuhkan penyakit hepatitis (liver). Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminum air dari rebusan kerang yang sudah ditambah dengan kunyit, garam dan juga gula.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung termasuk salah satu organ tubuh yang paling penting dalam tubuh kita, sehingga ada baiknya kita melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan mengonsumsi daging kerang. Kandungan omega 3 pada kerang dapat memperlancar peredaran darah yang menuju ke jantung.

Tak hanya itu saja, salah satu penelitian di Amerika bahkan membuktikan bahwa kerang dapat menurunkan risiko detak jantung yang tidak normal, hingga menurunkan risiko serangan jantung.

  1. Sebagai Sumber Protein

Selain kerang di manfaatkan sebagai bahan makanan yang gurih, kerang juga bagus untuk kesehatan karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini akan berdampak pada proses metabolisme dalam tubuh. Jika asupan protein dalam tubuh telah tercukupi, maka tentu saja tubuh bisa melakukan proses metabolisme dengan baik.

  1. Bisa Meningkatkan Vitalitas Pria

Yang mengejutkan, mengonsumsi kerang ternyata juga bisa meningkatkan vitalitas pria. Kerang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada hormon progesterone sehingga libido pada pria pun menjadi meningkat.

  1. Membentuk dan Merawat Otot

Kerang memiliki banyak sekali kandungan protein yang memiliki peran penting dalam membentuk, merawat otot, dan mencegahnya dari kerusakan. Jika ototmu sering terasa nyeri setelah beraktivitas, ada baiknya kamu mengonsumsi jenis makanan yang satu ini, karena membantu mempercepat proses pemulihan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak yang tidak tahu kalau kerang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Karena di dalam kerang, terdapat kandungan protein yang akan berpengaruh pada kinerja hati dalam menetralisir racun yang ada di tubuh kita.

  1. Membantu Perkembangan Sel Otak

Kerang juga sangat bagus untuk kesehatan otakmu, karena andungan protein dalam kerang dapat membantu perkembangan sel otak. Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa kandungan dalam kerang dapat mengurangi penyusutan otak secara signifikan. Jika kamu memiliki anak kecil di rumah, maka ada baiknya kamu tambahkan kerang pada menu si kecil. Ini akan membantu meningkatkan kecerdasannya. Tapi pastikan dulu kalau si kecil memang tidak alergi pada seafood ya.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Kerang memiliki kandungan kalium dan magnesium yang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah. Dua kandungan ini terbukti dapat mengendurkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah pun menjadi lancar. Karena itulah, ada baiknya kamu mengonsumsi kerang sebanyak dua kali dalam seminggu.

Itulah manfaat-manfaat mengonsumsi kerang bagi kesehatan tubuh kita. Meski harganya terbilang cukup mahal, kerang tetap saja banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca (Cakra)

Sumber :kata.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.