Menumbuhkan Jiwa Sosial Penuh Kasih Sayang

0
60

Oknews.co.id – Membangun solidaritas sosial menjelang perayaan Hari Raya Idhul Adha bersama Ust. Rusydi dalam kajian ahad pagi Pimpinan Ranting Muhammadiyah Temenggungan di Masjid At Taqwa Temenggungan kota Malang.

Dalam ilmu sosial kita sebagai manusia pada hakekatnya tidak bisa hidup tanpa orang lain. Pada aktivitas kita setiap hari selalu dibantu dan membalas bantu dengan orang lain sebab tanpa itu kebutuhan sehari – hari tidak akan tercukupi. Manusia yang berperilaku sombong dengan tidak mau menerima bantuan dan pertolongan orang lain merupakan tindakan yang tercela, tidak disukai Alllah SWT dan sudah pasti kehidupannya akan mengalami segala kekurangan serta tidak mendapatkan barokah.

Untuk membangun solidaritas sosial perlu adanya konstruksi islam yang dibangun dari dalam diri individu manusia telebih dahulu. Adapun itu yaitu pertama atau paling dasar adalah membangun Aqidah, lalu Syariah dan Akhlak.

Ust. Rusydi mengibaratkan dengan sebuah pohon. Aqidah adalah bagian akar yang digunakan sebagai pondasi awal kepercayaan dalam beragama Islam, sedangkan syariah merupakan bagian batangnya yang bertindak sebagai aturan – aturan atau ketetapan yang muncul dari Aqidah atau akar tersebut. Dan akhlak merupakan buah pohon tersebut. Dan buah yang tercipta pada pohon tersebut merupakan implementasi dari syariah.

Jadi jika seorang muslim bertindak dengan akhlak yang mulia, pastilah pada penanaman aqidahnya sudah benar. Sedangkan jika seorang muslim bertindak tidak sesuai dengan akhlak yang benar pastilah pada penanaman aqidahnya tidak benar dan tidak sesuai dengan Al Qur’an dan hadist.

“Menjelang datangnya hari raya Idhul Adha ini bagi umat muslim yang mampu untuk melaksanakan Qurban, maka ber-qurbanlah walaupun itu hanya seekor kambing dengan ukuran tubuh sedang. Yang penting sudah memenuhi persyaratan hewan qurban dan Janganlah malu, karena itu merupakan amal yang luar biasa pahalanya” ujarnya. Karena dengan berqurban kita diajarkan untuk menciptakan hubungan sosial yang erat antar umat muslim. Seperti pada kisah Nabi Ibrahim As ketika mendapat perintah oleh Allah SWT untuk menyembelih Ismail, di situlah hubungan sosial kasih sayang seorang bapak kepada anaknya diuji.

Dengan memiliki Aqidah, syariah dan akhlak yang baik dan benar maka sudah dapat dipastikan akan menciptakan konstruksi islam yang kokoh, khususnya pada hubungan sosial antar umat muslim. Akan terjalin umat yang saling bergotong royong, rukun dan saling melengkapi. Umat yang demikianlah yang akan mewujudkan masyarakat islam yang satu.

Acara kajian tersebut berjalan dengan baik. Dengan pemaparan yang menarik Ust. Rusydi mampu membuat fokus jamaah kepada materi yang dibawakan. “Alhamdulillah berkat pencerahan dari Ust, saya merasa termotivasi untuk dapat selalu menjalin hubungan sosial terutama dengan sesama muslim dengan baik” ujar Ardy, salah seorang jamaah merasa senang.

Ditutup dengan makan bersama, kajian tersebut lebih terasa menyatu suasana kebersamaan antar jamaah.(Anwar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.