Menumbuhkan Sikap Religius Anak-Anak Desa Bangsri bersama KKN UM Bangsri melalui Kegiatan Gebyar Anak Sholeh

0
103

Oknews.co.id, jombang – Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Malang (UM) untuk menumbuhkan sikap religius dengan mengadakan program kegiatan “Gebyar Anak Sholeh” di Desa Bangsri, Kabupaten Jombang. Banyaknya anak-anak dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) juga menjadi alasan bagi mahasiswa KKN untuk menyukseskan acara tersebut.

Acara “Gebyar Anak Sholeh” mampu menarik perhatian anak-anak di empat dusun di Desan Bangsri tersebut. Terlihat dari adanya 60 peserta yang mendaftar. Perlombaan dilaksanakan di balai desa dan mushola Desa Bangsri dengan mengundang Suradi selaku Kepala Desa Bangsri dan dua juri dari dari TPQ terdekat, yaitu Nurul Hidayati dan Eti Winarsih.

“Gebyar Anak Sholeh” dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 mei 2019. Perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya lomba adzan, hafalan surat pendek, dan mewarnai. Sasaran lomba, yaitu lomba mewarnai untuk anak-anak usia 4 sampai 7 tahun, lomba hafalan surat pendek untuk anak usia 6-10 tahun, dan lomba adzan untuk anak usia 7 sampai 10 tahun.

Senin, 27 Mei 2019 kegiatan lomba dibuka oleh Cahya Pramono selaku Koordinator Desa KKN UM Desa Bangsri. Kriteria penilaian untuk lomba hafalan surat pendek yaitu makhorijul huruf, kelancaran, dan sikap. Sedangkan, untuk lomba adzan yaitu doa sebelum adzan, makhorijul huruf, lagu, dan doa sesudah adzan, sedangkan untuk penilaian dari lomba mewarnai yaitu komposisi warna, ketelitian, kerapihan dan kebersihan.

Menurut Eti Winarsih selaku juru lomba adzan, kegiatan “Gebyar Anak Sholeh” menjadi salah satu kegiatan yang menarik dan bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk lebih giat belajar mengaji dan adzan” ujarnya.

Sedangkan Sri Wahyuni selaku orang tua dari salah satu peserta mengatakan bahwa, acara ini merupakan acara yang meriah dan menyenangkan bagi anak-anak di Desa Bangsri” pungkasnya.

Selasa, 28 Mei 2019 diadakan Grand Final Perlombaan yang dimulai pukul 15.00 sampai 16.30 berhasil memilih tiga juara untuk setiap perlombaan. Pada kegiatan perlombaan pasti ada yang menang dan yang kalah.

Oleh karena itu, diharapkan dari pelaksanaan kegiatan lomba tersebut masing-masing peserta lomba juga dapat memiliki rasa syukur atas hasil yang telah diperolehnya. Bagi pemenang lomba mendapat piala dan bingkisan hadiah yang menarik. Adanya perlombaan semacam ini diharapkan dapat dijadikan sebagai program rutinan Desa Bangsri khususnya di Hari Besar Islam.

Penulis: Humas KKN UM Pulang Kampung Desa Bangsri, Kabupaten Jombang (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.