Metodologi Menarik Ala SD Muhammadiyah Gadung, Bikin yang Sulit Jadi Mudah

0
78

Oknews.co.id – Salah satu cara agar materi pembelajaran di kelas mudah diterima siswa adalah dengan mengemasnya menjadi semenarik mungkin. Seperti yang dilakukan oleh Ustadz Masduki di ruang kelas 6-C SD Muhammadiyah 6 Gadung, Surabaya, Kamis (6/9/2018).

Guru Ismuba ini membikin aktivitas pembelajaran tentang pengenalan nama-nama bulan dalam kalender Hijriyah menjadi asyik dan menarik buat siswa. Cukup dengan memanfaatkan kertas, spidol warna, papan dan gunting sebagai media pembelajarannya.

Menarik sekali pembelajaran Agama di SDM gadung Surabaya

Pria karib disapa Duki ini meminta siswa berkreasi untuk bisa mengingat 12 nama bulan dalam kalender Hijriyah secara urut. Siswa pun diminta untuk menuliskan nama bulan Hijriyah di atas selebar kertas memakai spidol warna. Kemudian satu persatu tulisan di kertas digunting dan ditempel di papan.

Nafisah Aliya Nadhifa misalnya, tampak bersemangat mengkuti aktivitas pembelajaran ini. Ia tampak asyik mengunting kertas bertuliskan nama bulan Hijriyah, dan kemudian ditempelkannya di papan. “Alhamdulillah, saya tau semua nama bulan dalam kalender Hijriyah secara urut,” ujarnya dengan raut wajah gembira.

Selain keterampilan menulis, anak-anak juga diajak untuk mengenal bulan Hijriyah dengan cara bermain kartu Hijriyah. “Seru sekali. Baru kali ini saya main kartu Hijriyah,” kesan Michiko Mey Zura.

Interaktif dan Belajar Bersama

Sementara Duki mengatakan, pengenalan 12 nama bulan dalam kalender Hijriyah ini menjadi penting lantaran banyak di antara siswa sekolah Islam yang tidak hafal dengan nama-nama bulan Hijriyah secara penuh.

Fenomena itu, kata Duki, terjadi karena
kalender yang beredar luas di masyarakat lebih menonjolkan bulan Masehi. “Maka tidak salah jika anak-anak banyak yang tidak hafal penuh. Bahkan, bnyak siswa kita cuma tahu 2 nama bulan Hijriyah saja, yakni bulan Muharram dan Ramadhan saja,” terangnya.

Karenanya, Duki berharap, melalui aktivitas pembelajaran ini siswa bisa hafal dengan baik nama-nama bulan dalam kalender Hijriyah secara urut. “Semoga aktivitas ini bisa membuat siswa bisa hafal bulan dan mengenal sejarah awal mulanya tahun Hijriyah itu sendiri,” pungkasnya (AHA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.