Minimnya Akses Internet Menjadi Kendala Pembelajaran Daring di Desa Saur Saebus

0
23

Oknews.co.id – Saur Saebus, Pulau Saebus merupakan kepulauan daerah Kecamatan Sapeken yang letak geografisnya berada diujung timur Kabupaten Sumenep dengan jarak tempuh 12 jam menuju Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep.

Sejak diberlakukanya sistem belajar online untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, para Pelajar dan Mahasiswa Pulau Saebus Desa Saur Saebus, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, terpaksa mencari lokasi tinggi dekat pantai untuk dapat mengakses jaringan internet agar dapat mengikuti belajar online.

Melihat dari letak geografis pulau Saebus yang merupakan kepulauan Kecamatan Sapeken di ujung timur Kabupaten Sumenep yang menempuh jarak tempuh 12 jam dari Kecamatan Sapeken ke Kabupaten Sumenep melalui kapal laut.

Di sebuah tanah lapang di bawah pohon asam yang berada di dataran tinggi Desa Saur Saebus menjadi tempat favorit para pelajar dan mahasiswa belajar bersama-sama secara online.

“Proses belajar secara online bagi kami yang berada di Kepulauan gampang-gampang susah karena susahnya jaringan internet sehingga kami harus mencari lokasi tinggi terlebih dahulu, kami berharap kepada pemerintah Desa ataupun Kecamatan memberikan kami fasilitas berupa gubuk kecil sebagak tempat belajar online kami para Pelajar dan Mahasiswa.” kata Izzun Islami Akbar seorang Mahasiswa Program Studi PAI UMM asal Desa Saur Saebus.

Para siswa dan mahasiswa ini menggunakan aplikasi belajar yang terdapat di telefon pintar mereka. Meski berada di atas pegunungan, namun para pelajar dan mahasiswa ini cukup menikmati proses belajar yang mereka ikuti.

Namun mereka juga berharap pihak penyedia jasa layanan telekomunikasi bisa memberi solusi untuk menyediakan jaringan internet di kampung mereka. “Kami juga ingin dikampung kami segera ada PLN, Tower sehingga dapat mempermudah masyarakat kedepannya” lanjutnya.

Sementara itu, para orang tua siswa berharap Pemerintah dan penyedia jasa layanan telekomunikasi agar dapat membantu kendala yang dihadapi masyarakat selama ini.

“Ya semoga ada tower di sini, selain anak sekolah juga demi memenuhi kebutuhan internet dan komunikasi telefon yang dapat membantu perekonomian warga. Mudah-mudahan,” ujar Kepala Dusun Waru Desa Saur Saebus, Mastari. (Izzun/Cakra)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.