Menko PMK: Yang Dievakuasi dari Cina Semua Insyaallah Sehat

0
163
Tampak Menko PMK tinjau lokasi Observasi dari Wuhan

Oknews.co.id – Warga Neagara Indonesia dievakuasi dari Provinsi Hubei, Cina, akan ditempatkan hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau. Hanggar adalah sebuah struktur bangunan tertutup untuk menyimpan pesawat. Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy menegaskan observasi akan dilakukan bagi mereka yang datang, bukan karantina,

“Perlu diketahui bahwa mereka semua yg dievakuasi dlm keadaan sehat, sesuai standar WHO, (kalau tdk sehat tidak boleh dievakuasi harus di obati dulu), sesuai standar WHO juga mereka harus melalui observasi dulu selama 14 hari. Jadi bukan dikarantina. Mudah mudahan semua berjalan lancar”

Bersama para menteri tinjau lokasi evakuasi di Natuna

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelumnya menjelaskan sejumlah pertimbangan dipilihnya Natuna menjadi tempat transit para WNI yang dievakuasi ini. Pangkalan militer Natuna dianggap memiliki fasilitas rumah sakit yang mumpuni dengan kapasitas 300 orang. Tempat itu juga cukup jauh dari permukiman warga. Jarak pangkalan militer dengan permukiman warga sekitar enam kilometer.

“Ada dermaga juga di sana, jaraknya enam kilometer. Hasil penilaian itu, Natuna memiliki syarat untuk menjalani protokoler kesehatan,” ujar Hadi seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 1 Februari 2020.

Selain itu, kata dia, letak rumah sakit di pangkalan militer tidak jauh dari jalur landasan (runway) dan hanggar pesawat. “Natuna adalah pangkalan militer yang memiliki fasilitas rumah sakit dan memiliki runway yang berdekatan dengan wilayah transit. Fasilitas juga lengkap,” ujar Hadi. (HQ/Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.