Muhammadiyah Kota Malang Siap untuk Jihad Ekonomi

0
215

oknews.co.id – Malang, Pagi ini tepatya di Universitas Negeri Malang tengah diadakan serangkaian kegiatan Syawal Expo 2 yang di selanggarakan oleh  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang. Salah satunya yaitu Dialog Bisnis yang bertemakan “Jaringan Saudagar Muhammadiyah di Tengan Pusaran Bisnis Digital”.

Dialog tersebut dibuka  oleh Ir. Baron, MM selaku Wakil Ketua PDM Kota Malang. Beliau menyampaikan pilar ketiga Muhammadiyah setelah Pendidikan dan Kesehatan adalah Ekonomi. Awal berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah disokong oleh saudagar-saudagar. Sampai saat ini juga peran dari para saudagar sangatlah membantu pergerakan Muhammadiyah. Maka dari itu beliau menginginkan Muhammadiyah Kota Malang memiliki kekuatan di bidang ekonomi dan bisnis sebagaimana tutur belau, “Kita tidak usah terlalu muluk-muluk berbicara Nasional, mari kita mulai dari Daerah Kota Malang”.

Pemateri dalam Dialog Bisnis adalah Prof. Dr. Khusnul Ashar, SE., MA. (Guru Besar Fak. Ekonomi Bisnis UB),  Dr. Ec. Indra N. Fauzi, MM. (Ketua Majelis Ekonomi PWM Jatim), Ivan Kusuma Tri Sumarno (Penyedia Operasional Kredit Bank Jatim Cab. Malang), dan Adjie Pamungkas (Kepala Cabang BRI  Syariah Soekarno Hatta).

Menurut Prof. Ashar Ekonomi digital sudah mendunia dan Indonesia merupakan  salah satu pengguna internet terbesar, sehingga masyarakat harus bisa menyikapi hal tersebut secara positif. Termasuk Kota Malang yang didominsai oleh Mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia juga harus bisa menciptakan peluang bisnis digital karena mahasiswa sangat bergantung pada bisnis ataupun jasa online. Tutur beliau dalam menyikapi hal tersebut diperlukan 3 kunci utama yaitu keberanian untuk memulai, komitmen yang tinnggi dan penguasaan teknologi.

Sedangkan menurut Dr. Indra semakin bertambahnya tahun maka semakin cepat pula siklkus bisnis. Banyak sekali usaha yang cepat mengalami perubahan pendapatan. dalam menyikapi hal ini Muhammadiyah harus berjamaah di bidang bisinis, harus bisa mengikuti perubahan teknologi dan kebutuhan konsumen yang cepat berubah. Di akhir statemennya, beliau menyamapaikan, “sekarang ini Muhammadiyah harus Jihad Ekonomi”. (Udin & Raisul Haqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.