Negara-negara Pengemisi Gas Karbondioksida Terbesar di Dunia

0
214
Pencemaran udara yang Menyebabkan Menurunnya Kualitas Lingkungan Tempt Kita Hidup, dan Menyebabkan bermacam bencana Alam. (Gambar Ilustrasi Sumber : Google)

Oknews.co.id – Banyaknya bencana yang menimpa akhir-aikhir ini menjadi perbincangan serius diberbagai belahan dunia, juga di indonesia, banjir rob atau banjir akibat peningkatan ketinggian permukaan air laut yang kerap menimpa daerah pesisir di Indonesia.

Beberapa ahli gografi mengungkapkan, pemanasan global menjadi penyebab paling besar dari banjir rob. Hal tersebut sesuai dengan yang tercatat pada situs ilmugoegrafi.com, yang menyebutkan bahwa adanya pemanasan global memicu mencairnya es yang ada di kutup utara ataupun kutup selatan bumi. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya permukaan air laut yang dapat menyebabkan banjir rob.

Pemanasan global sendiri disebabkan meningkatnya kadar karbon dioksida (CO2) yang ada di bumi. CO2 sendiri menjadikan panas yang diterima oleh bumi tertahan dan tidak dapat terpancar keluar angkasa. Hal tersebut mengakibatkan suhu di permukaan bumi semakin meningkat karena panas yang terperangkap di bumi. Melihat kondisi tersebut Oknews.co.id mengulas berikut negara-negara sebagai pengemisi CO2 terbanyak di muka bumi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Berdasarkan data United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD) diperoleh data bahwa Rusia merupakan negara terbesar ke empat dalam pengemisi CO2. Rusia merupakan negara industri yang basar. Negara tersebut juga memiliki kawasan yang cukup luas. Pemerintah Rusia telah berjanji bahwa akan menurunkan tingkat emisi CO2 negaranya hingga 40% di tahun 2030.

Rusia Sebagai Negara Terbesar ke-Empat, dalam Pengemisian Karbon Dioksida dengan Industri yang Besar

Negara Terbesar ketiga di dunia dalam pengemisian CO2 adalah India. Di samping menjadi negara yang memiliki kepadatan yang tinggi, gaya hidup masyarakat di india yang gemar menggunakan kendaraan bermotor menjadikannya salah satu negara yang banyak menyumbangkan emisi gas CO2. Di tahun 2020 negara tersebut menurunkan tingkat emisi gasnya hingga 25%, akan tetapi aliansi pengamat lingkungan Climate Action Tracker menilai hal tersebut sepertinya masih susah untuk terealisasikan.

Kendaraan Bermotor Menjadi Penyumbang Emisi Gas Karbondioksida Terbesar di India

Negara terbesar kadua dalam menyumbang emisi gas adalah Amerika Serikat. Sebagai negara dengan kepadatan penduduk terpadat kedua di dunia, dengan industri dan peningkatan tekhnologi kendaraan bermotor di negara tersebut menjadikannya negara dengan emisi CO2 terbesar ke dua di dunia. Negara tersebut telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gasnya hingga 60% di tahun 2035, hingga mendatangkan tim ahli lingkungan, akan tetapi belum memberi dampak yang signifikan.

Sebagai Negara Terpadat Kedua juga Menjadikan Amerika Serikat Menjadi negara Pengemisi Gas karbondioksida Terbanyak Kedua Pula

Negara dengan emisi gas CO2 terbanyak di dunia adalah Cina. Sebagai negara terpadat di dunia, CIna merupakan salah satu negara raksasa industri, yang gas buang dari kegiatan perindustriannya juga sangat tinggi. Pemerintah mengpayakan akan mengurangi pengemisian gas tersebut hingga 70%. (Dul)

Sebagai Raksasa Industri, Cina Menjadi Negara Penyumbang emisi Karbondioksida Terbesar di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.