Panduan Dampingi Anak Ber-Medsos Ala ‘Aisyiyah

0
175

Oknews.co.id – Malang,  Ustadzah Uzlifah dari Majelis Pembinaan Kader ‘Aisyiyah Kota Malang dalam siaran tausiyah relegi pagi menyampaikan tentang panduan yang harus dipahami orang tua dalam ber-Medsos yaitu:

 

1.     Menerapkan batasan dan aturan khusus bagi anak usia dini

Dalam sebuah jurnal artikel yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics, orang tua disarankan untuk memberi batasan dan aturan penggunaan teknologi digital bagi anak-anaknya. Aturan tersebut berlaku secara khusus bagi anak-anak usia dini dan prasekolah.

Anak-anak dalam rentang usia 2-5 tahun sebaiknya hanya diberikan waktu maksimal 1 jam per hari untuk berinteraksi atau menggunakan media digital.

 

2.     Melibatkan diri dalam “screen time” anak

Keterlibatan orang tua menjadi peran penting lain yang perlu dimunculkan di era digital ini. Orang tua harus terlibat langsung dalam memilih atau menentukan media serta aplikasi digital yang digunakan oleh anak-anak. Pastikan media-media tersebut memiliki nilai edukasi dan bebas dari pengaruh negatif dalam bentuk apa pun.

Selain itu, orang tua juga perlu mendampingi anak-anak ketika mereka sedang berada dalam sesi screen time. Dengan begitu, orang tua dapat memonitor aktivitas anak saat mereka tengah berinteraksi dengan media digital.

 

3.     Menanamkan pentingnya komunikasi secara langsung

Meski teknologi informasi dan komunikasi berkembang secara pesat di masa sekarang, orang tua sebaiknya tidak mengesampingkan komunikasi tatap muka.

Setiap hari, luangkanlah waktu bersama seluruh anggota keluarga untuk saling berbicara dan bertukar cerita tanpa dihalangi oleh berbagai gawai atau media. Komunikasi semacam ini sangat diperlukan untuk perkembangan anak-anak dalam periode emas atau prasekolah.

Sumber dari Sahabat Keluarga Kemendikbud

Itulah sejumlah peran penting keluarga di era digital yang dapat dijadikan dasar oleh orang tua saat melakukan pendampingan antaralain

Pengetahuan Orang Tua Harus Lebih Banyak

Orang tua sudah semestinya lebih tahu situs-situs apa yang memberi manfaat dansebaliknya. Berbekal pengetahuan itu, orang tua dapat mengarahkan anggota keluarga yang lain untuk menggunakan internet dengan baik dan positif. Ini berarti orang tua dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman dan memahami teknologi digital secara terus menerus.

Komitmen dalam Penggunaan Teknologi Digital

Membuat komitmen bersama keluarga mengenai tata cara penggunaan teknologi digital juga patut dilakukan. Aturan itu bisa berisi perjanjian untuk nggak menggunakan ponsel di saat-saat tertentu seperti ketika sedang makan, berekreasi, atau acara keluarga. Orang tua juga dapat memberikan batasan waktu bagi anak bermain ponsel.

Selain itu, orang tua juga mesti mengingatkan dan memberi penjelasan bila anaknya mengakses situs-situs yang nggak diizinkan. Orang tua juga sebaiknya memberi contoh yang baik terkait penggunaan ponsel di depan anak-anak.

Penyediaan Wahana Rekreasi di Rumah

Salah satu alasan seseorang ketergantungan bermain ponsel adalah mereka  butuh rekreasi. Bermain gim, bercakap dengan temannya lewat chat atau video call merupakan bagian dari hiburan. Nah, bila kamu nggak pengin anggota keluargamu kecanduan internet, cobalah siapkan wahana rekreasi lain dan ciptakan forum santai bersama keluarga.

Meningkatkan Kepedulian Masyarakat

Sebagai tempat berinteraksi, dunia maya juga punya norma dan etika yang berlaku. Namun, norma dan etika yang berlaku di dunia maya terkadang diabaikan karena para pengguna merasa nggak saling berhadapan langsung. Seseorang kemudian merasa lebih bebas menyerang pribadi orang lain di dunia maya tanpa memikirkan dampaknya di dunia nyata. Kendati secara hukum sudah diberlakukan UU ITE, akan lebih baik bila semua pengguna internet sadar dengan norma dan etika dalam mengakses media sosial itu.

Memperhatikan dan Mengawasi Anak di Bawah Umur

Konten-konten yang ada di Youtube, Instagram, Google, dan Facebook sangat berpengaruh bagi para penggunanya. Dalam hal ini, lagi-lagi fungsi orang tua sebagai pengawas sangat dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.