“Parah” Predikat Moralitas Generasi Muda Sekarang.

0
94
Ustadzah Uzlifah, selaku Pimpinan Ranting Aisyiyah sebagai pembicaranya
Oknews.co.id – Malang, 23 Februari 2019. Moralitas generasi muda menjadi topik dalam pengajian Ranting Aisyiyah kali ini. Dalam kesempatan itu, Ustadzah Uzlifah,  selaku Pimpinan Ranting Aisyiyah sebagai pembicaranya. “Generasi muda akan selalu berkaitan dengan seks bebas, narkoba, pencurian, geng motor, pencurian dan lain – lain. Itulah label yang sering diberikan masyarakat, dan memang itu yang terjadi saat ini”, Tandas beliau saat membuka. Faktanya, moralitas remaja saat ini memang sangat memprihatinkan, salah satunya di wilayah Malang sendiri banyak beberapa kasus seperti pembuangan bayi, seks bebas, narkoba, balapan liar dan lainnya. Semua itu dilakukan oleh remaja yang rata – rata masih dibawah umur. Menurut Islam, anak adalah amanah yang harus kita jaga, dan merupakan tanggung jawab bagi orang tua. Orang tua berperan penting dalam proses pembentukan karakter dan akhlaq anak. “Bila sudah banyak kasus yang disebabkan oleh moralitas buruk remaja, siapa yang salah? Sudah pasti kedua orang tuanya, terutama ibunya”. Terang bu Ifa, begitu sapaan akrabnya Beliau juga menjelaskan ada 3 faktor utama yang mempengaruhi pembentukan akhlak setiap orang, terutama anak, yakni sebagai berikut :
  1. Lingkungan Keluarga
Pendidikan pertama seseorang berasal dari dalam keluarganya. Utamanya seorang ibu yang berperan sebagai Ummul Qura’, yang sudah harus melakukan proses pendidikan sejak masih dalam kandungan. “Maka dari itu, pada saat hamil kita tidak boleh berbiacara kotor, tidak berbuat aneh – aneh, serta makananpun diusahakan makanan yang memang halalan thayyiban, halal lagi baik. Karena apa, apabila satu tetes saja makanan yang haram masuk ke dalam tubuh kita, yang kemudian mengalir kedalam darah kita, maka selama 40 hari amalan kita tidak di terima oleh Allah SWT”.  Lanjut beliau dalam tausiyahnya
  • Lingkungan sekolah
Pendidikan yang kedua adalah lingkungan sekolah. Disinilah sekolah berperan untuk memberikan pendidikan lanjutan, tidak hanya moral dan akhlak, tetapi juga ilmu pendidikan yang dapat menunjang masa depan anak. “Namun perlu digaris bawahi, ilmu yang diberikan selama di sekolah akan sia – sia, apabila dilingkungan luar sekolah tidak diamalkan”. Jelas beliau yanh juga sebagai guru TK tersebut.
  • Lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat merupakan implementasi dari pendidikan yang diperoleh dari lingkup pendidikan pertama dan kedua. Ketika seseorang yang telah mendapatkan pendidikan akhlaq dan moral serta ilmu – ilmu yang diperoleh di sekolah, maka sudah pasti bisa menerapkan apa yang didapatkannya, memberi energi positif pada masyarakat dan tidak mudah terjerumus ke dalam hal – hal negatif yang ada di lingkungan masyarakat. “Maka dari itu bunda, semua kendali berasal dari kita sebagai ibu. Kesuksesan suami dan anak serta orang – orang lain, semua diawali dengan bagaimana cara kita mendidik. Maka jadilah ibu yang cerdas. Be Smart Mother! Karena setiap kita adalah khalifah, terutama bagi diri sendiri. Yang nantinya akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang kita perbuat, salah satunya dalam mendidik akhlak anak – anak kita”. Nasihat beliau sekaligus sebagai penutup tausiyah. (Arofah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.