Peduli Kegiatan Islami KKN UM gelar lomba Keislaman di PP Darussalam Pulungdowo

0
129

Oknews.co.id, Malang – Pada baru-baru ini Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di daerah Pulungdowo-Tumpang, Kabupaten Malang mengadakan kegiatan yang bersifat islami yang diwujudkan dengan mengadakan lomba-lomba keislaman. Lomba ini diadakan di PP Darussalam Pulungdowo. Jumlah peserta diikuti kurang lebih 100 santri yang berasal dari sekitar desa Pulungdowo. Adapun lomba yang diadakan yaitu lomba adzan,bacaan tartil surat pendek, mewarnai, dan menggambar kaligrafi. Dalam perlombaan ini dibagi kedalam 6 kelas, pertama untuk kelas pra, kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas tahfidz.

Pelaksanaan lomba diadakan selama dua hari, untuk hari Jumat untuk pelaksanaan lomba dan hari sabtu untuk pengumuman lomba. Sebelum pelaksanaan lomba dimulai, Mahasiswa KKN terlebih dahulu mengadakan kegiatan bersih-bersih Pondok Pesantren agar terlihat bersih yang dipimpin Kordiantor desa KKN Pulungdowo.

“Harapan bersih-bersih ini selain untuk membersihkan pondok pesantren juga ingin memperat kekompakan dan persaudaraan anggota KKN Pulungdowo,” jelas Dwi.

Ketua TPQ PP Darussalam, Zulaikhah menyabut antusias acara ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan lomba ini dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan serta juga ingin melihat bibit-bibit santri yang berpotensi dalam berprestasi terutama dibidang keislamanan. Lomba ini juga dijadikan acuan pengajaran, apakah dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan guru TPQ itu mengalami peningkatan atau tidak, juga harapan diadakan lomba ini untuk mengisi kegiatan positif” ujarnya.

Ia menambahkan dalam sambutanya. Berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang telah ikut serta dalam mengajari santri Darusalam selama sepuluh hari serta berterima kasih telah peduli terhadap pembersihan pondok”pungkas zulaikah

Ketua Pelaksana Farid, anggota KKN dalam sambutannya, Mengucapkan terima kasih kepada pengurus karena telah diberi kesempatan untuk mengajar dan mengadakan lomba. Serta berharap acara ini harus tetap berlangsung setiap tahunnya tujuannya untuk memotivasi santri dalam berprestasi di bidang agama.” Pesan saya terakhir agar kalian tidak berhenti mengaji dan bersekolah karena itu modal dunia dan akhirat”. Ungkap Farid.

Acara ditutup dengan pemberiaan kuis dan pengumuman lomba yang dipimpin oleh Nafi’. Pemberian kuis dilakukan secara cepat yang langsung dijawab oleh para santri serta pemberiaan pemenang diambil dari nilai tertinggi : lomba adzan sebanyak enam pemenang, tartil surat pendek enam orang, mewarnai tiga orang dan menggambar kaligrafi tiga orang. (Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.