Pelatihan Pengolahan Limbah Batok Kelapa Menjadi Peluang Bisnis Industri Kreatif

0
321
Pelatihan Pengolahan Limbah Batok Kelapa Menjadi Peluang Bisnis Industri Kreatif oleh Tim KKN UM Desa Gajahrejo

Oknews.co.id – Senin, 10 Desember 2018 tim KKN UM Desa Gajahrejo menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Limbah Batok Kelapa Menjadi Peluang Bisnis Industri Kreatif. Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 30 peserta yang berasal dari karang taruna Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pelatihan ini diselenggarakan di balai desa sebagai titik sentral dari wilayah cakupan desa yang cukup luas dari pusat kecamatan hingga pinggiran pantai selatan.

Batok kelapa adalah limbah komoditas perkebunan yang acapkali berserakan di Desa Gajahrejo. Sehingga pelatihan ini diadakan dengan maksud untuk memberdayakan potensi desa dari limbah tersebut. Pada pembukaan pelatihan, Bapak Legimin selaku Kepala Desa menyampaikan “saya berharap pelatihan ini diterapkan berkelanjutan oleh anak-anak muda desa. Sehingga hasil pelatihan ini nantinya melahirkan bisnis industri kreatif yang dapat meningkatkan eksistensi desa”.

Pelatihan ini dikemas dalam dua materi. Materi pertama melatihkan pembuatan kerajinan tangan berupa souvenir dengan bahan dasar limbah batok kelapa. Materi tersebut disampaikan oleh bapak Khusnul Efendy salah satu pengrajin ulung asal Dusun Sumberlele. Pada materi pelatihan pembuatan kerajinan tangan tersebut peserta membuat aneka gantungan kunci dan pin-pin lucu yang siap dipasarkan.

Selanjutnya, hadir bapak Wakhid Ansori owner dari @didol_id mengisi materi digital marketing. materi ini diberikan untuk membekali peserta bagaimana cara memasarkan hasil kerajinan yang telah dibuat sesuai dengan perkembangan yang ada. Kedepan hasil kerajinan memiiliki brand tersendiri dan dapat dipasarkan secara massif untuk kemajuan Desa Gajahrejo. Pelatihan yang diselenggarakan sejak pukul 07.00 WIB ini diikuti penuh antusias oleh peserta pelatihan. Dan tepat pada pukul 12.00 WIB pelatihan ini ditutup.

Penulis : Anggita Putri Ningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.