Pembentukan Karakter Pada Anak

0
81

Oknews.co.id – Semua orang tua ingin anaknya memiliki karakter yang baik. Namun, karakter tersebut tidak dapat dibentuk secara langsung, perlu sebuah proses yang panjang dan tidak mudah. Karakter sendiri dapat ditempa melalui ibadah.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan, salah satu ibadah wajibnya yaitu puasa. Banyak orang tua yang terkadang membiarkan anak mereka tidak berpuasa sampai baligh, entah itu dengan berbagai alasan. Padahal yang dilakukan kurang tepat, diperlukan pembiasaan sejak dini agar anak nantinya terbiasa.

Tidak ada ketentuan pasti kapan anak dianjurkan belajar berpuasa. Merujuk pada perintah sholat anak bisa diajarkan puasa mulai usia 6 atau 7 tahun. Dan jika pada usia 10 tahun anak belum faham maka, orang tua wajib hukumnya memahamkan anak mereka secara benar.

Memang di usia tersebut masih rentan, sehingga harus dilakukan secara perlahan dan peran orang tua dibutuhkan di sini. Dari awal perlu dijelaskan secara benar hakekat ibadah sehingga nantinya anak akan faham kewajiban mereka.

Pada usia ini orang tua harus sabar, harus memastikan anak ikut melaksanakan sahur walaupun akan susah. Ini bertujuan untuk memenuhi gizi selama anak berpuasa. Juga membantu untuk mengurangi rasa lapar saat puasa. (Retno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.