Penegasan Kepada Mubaligh yang Tidak Mentaati Peraturan dalam Muhammadiyah

0
37
Tabligh Akbar Muhammadiyah yang ke – 8, di masjid Al Firdaus, Blimbing, kota Malang.

Oknews.co.id – Malang, 31 Maret 2019, tepatnya pada hari ahad telah diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Malang, yakni Tabligh Akbar Muhammadiyah yang ke – 8, di masjid Al Firdaus, Blimbing, kota Malang.

Ngaji kebangsaan “Beragama yang Mencerahkan” adalah tema yang diangkat kali ini. Tidak tanggung – tanggung pemateripun langsung didatangkan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah dari Yogjakarta, yakni DR. H. Agung Danarto M.Ag.

Dibalik menariknya serangkaian acara tersebut, terdapat satu sambutan yang paling berkesan. Sambutan itu disampaikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Malang, Bapak DR. Abdul Haris, MA. Menyambung sambutan sebelumnya yang diberikan oleh salah satu PRM Blimbing mengenai pesan dan kesan bagi mubaligh dan takmir masjid.

“Berkaitan dengan shalat jum’at, terutama mubaligh untuk khutbah jum’at, diharapkan untuk selalu menjun komunikasi yang baik dengan para takmir masjid yang dituju, begitupun sebaliknya. Dan yang utama, pesan buat para mubaligh, jika ditunjuk untuk menjadi seorang mubaligh mau, tapi apabila disuruh untuk datang rapat Pimpinan Ranting Muhammadiyah setempat tidak hadir sama sekali”, keluh ketua PRM Blimbing.

Menanggapi keluhan yang disampaikan tersebut, Pak Haris dalam sambutannya mengatakan, “ Berkaitan dengan keluhan mengenai mubaligh tadi, ya sudah langsung saja ditegaskan untuk diberhentikan dari mubaligh. Toh yang mau menjadi mubaligh banyak sekali. Tetapi memang, Muhammadiyah sangat selektif untuk posisi mubaligh ini”.

“Pesan dari kami, PDM kota Malang, apabila sudah masuk dalam ormas Muhammadiyah, harus mau mengikuti dan menjalankan ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Jangan seenaknya sendiri. Begitupun ketika masuk dalam ormas – ormas yang lain”. Pesan sekaligus penutup dari sambutan Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Malang sebelum dilanjut oleh pemateri tabligh kali ini. (Arofah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.