Pengabdian Perdana Goes To Lapas, GEMAPEDIA Sentuh Hati Nurani Para Napi

0
270

Oknews.co.id, Malang – Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) Universitas Negeri Malang kembali melakukan pengabdian goes to lapas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang, Senin (11/02/2019). Pengabdian akan berlangsung hingga 6 minggu kedepan. Tercetusnya kegiatan ini didasari oleh semangat untuk memberikan ilmu kepada para napi yang belum menyelesaikan pendidikannya baik di SD, SMP ataupun SMA.

Di pembukaan pengabdian perdana kali ini tak lupa pengenalan area lapas diberikan oleh Djoko Waluyo, S.Psi, M.Psi selaku Kasi Registrasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. Djoko mengenalkan beberapa sarana dan prasarana yang terdapat di area Lapas kepada volunter`pengajar GEMAPEDIA. Diantaranya para volunter diajak berkeliling di area lapangan basket, lapangan futsal, pondok pesantren dan beberapa tempat ibadah yang berada disana diantaranya masjid, gereja dan pura.

Setelah selesai berkeliling, para volunter dipersilahkan untuk memulai pengabdian kepada penghuni lapas. Pengabdian dilakukan dengan mengajarkan soal ujian kejar paket yang terdiri dari paket A. B, dan C kepada penghuni lapas. Pengajaran yang diberikan pun cukup menarik, keterbatasan sarana dan prasarana tak menjadi hambatan untuk para penghuni lapas mengikuti pembelajaran kejar paket. Pembelajaran dilakukan dalam satu ruang dan hanya terpisah sekat antara paket A, paket B dan paket C.

Pengajaran yang diberikan dilakukan selama 2 jam dimulai pukul 08.00-10.00 WIB. Kegiatan lebih bersifat santai namun tetap kondusif. Candaan sesekali tercipta antara volunter dan penghuni lapas.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat menyebarkan energi positif kepada para napi bahwa pendidikan dapat diperoleh kapanpun dan dimanapun tempatnya. Bangga mendidik, mengabdi dan menginspirasi anak bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.