Penimbangan Launcher Jembatan Baja KJI 2019 : Gunakan Alat Hasil Kerja Sama

0
59

Depok – Kamis (7/11) para finalis lomba Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2019 kategori jembatan baja melakukan penimbangan launcher di lapangan parkir Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Pelaksanaan penimbangan launcher ini menggunakan alat buatan kerja sama antara PUTI dan PUTOI.

Launcher akan digunakan sebagai alat bantu untuk merakit jembatan rangka jembatan baja pada hari Sabtu (9/11) nanti. Penimbangan launcher jembatan baja menjadi salah satu syarat wajib para finalis sebelum menuju tahap berikutnya. Terdapat delapan finalis dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti KJI 2019 kategori Jembatan Baja.

Para finalis tersebut antara lain, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, Politenik Negeri Ujung Pandang, Universitas Jendral Achmad Yani, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret.

Sebelumnya dilakukan perakitan elemen menjadi member jembatan. Kemudian, dilakukan penimbangan launcher menggunakan alat yang bernama Automated Measurement System to Measure Displacement and Load Bridge Based on LabVIEW. Alat ini tercipta dari kerja sama antara Pusat Unggulan Teknologi Otomasi Industri (PUTOI) – jurusan Teknik Informatika dan Komputer PNJ dan jurusan Teknik Elektro PNJ – dan Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur (PUTI) – jurusan Teknik Sipil PNJ. Di sisi instrumen, Bapak Endang menjadi perwakilan dari PUTOI dan Pak Nuzul – dosen jurusan Teknik Sipil PNJ – menjadi perwakilan dari PUTI.

Cara kerja alat ini memiliki konsep reseptor, distributor, dan penerjemahan. Instrumen loadcell pada alat akan menjadi reseptor. Ketika terdapat beban di atas alat, alat akan tertekan dan beban diterima loadcell. Dari loadcell, informasi beban akan diteruskan dan diterjemahkan dengan cara mengkonversi dalam bentuk kilogram yang akan tertera pada monitor komputer. (James)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.