Peningkatan Penggunaan Media Sosial di Berbagai Sektor

0
117

Oknews.co.id, Kebijakan pemerintah pada saat pandemi ini mengharuskan kita tetap tinggal dirumah demi mencegah terjadinya penularan yang semakin tinggi. Dengan adanya kebijakan yang memaksa berdiam diri dirumah menjadikan kita mudah bosan dan stres. Akhirnya media sosial menjadi salah satu tempat pelarian kita untuk melepas itu semua. Tidak hanya soal melepas bosan dan stres banyak sektor yang kini menjadi lebih dominan menggunakan media sosial untuk tetap berjalan seperti halnya dunia hiburan, pekerjaan dan sekolah.

Mulai dari instagram, twitter, pinterest, Whatsapp dan banyak lagi media sosial yang setiap harinya kita gunakan untuk berkomunikasi atau sekedar menjadi hiburan, bahkan 60% hidup kita saat ini lebih bergantung kepada mereka dari pada sebelumnya. Selain menjadi satu – satunya sarana hiburan dan komunikasi saat ini peran media sosial juga meningkat pesat di sektor ekonomi, dimana mulai banyak akun – akun baru yang hadir menjual barang dagangannya. Terjadinya peningkatan perdagangan di media sosial juga karena para pelaku usaha mengurangi kontak fisik secara langsung dengan para konsumen.

Tidak hanya itu, dunia entertaiment pun mulai banyak berpindah ke media sosial seperti halnya konser online “Live Stream Fest” yang di isi oleh Qory Gore, Vidi Aldiano, JKT48, dan Judika. Konser ini diadakan bertajubkan konser dari rumah sehingga penonton tidak perlu hadir ke venue untuk menikmati penampilan mereka. Penonton bisa menikmati idola mereka dengan berbagai macam genre atau konsep yang mereka tampilkan, jadi tidak perlu repot – repot keluar rumah dan mengancam keselamatan diri untuk menikmati penampilan mereka.

Peningkatan penggunaan media sosial juga terjadi di sektor pendidikan dimana biasanya guru menggunakan media sosial hanya untuk memberikan tugas atau sekedar refrensi bacaan tapi sekarang seluruh kegiatan pembelajaran menjadi via daring. Seperti kelas online via Zoom atau Google Meet, bahkan banyak perguruan tinggi yang melakukan sidang skripsi melalui media sosial juga.

Dengan banyaknya sektor dan kebutuhan yang banyak diambil alih oleh media sosial sekarang para pengguna bisa menghabiskan setengah hari atau bahkan lebih untuk menggunakan media sosial setiap harinya. Belum lagi aktivitas yang membutuhkan waktu lama didepan layar smartphone. Kini kita benar – benar tidak bisa jauh dari smartphone karena apabila itu terjadi akan ada banyak hal dan kesempatan yang terlewatkan dan tentunya akan merugikan kita sendiri.

Penulis:

Raditya Andre Frista Ardeny

Mahasiswa Ilmu Komunikasi – Universitas Muhammadiyah Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.