Pentingnya Pendidikan Bencana Sejak Dini, KKN UM Beri Penyuluhan Managemen Kebencanaan

0
113

Oknews.co.id, Malang – Indonesia merupakan “Supermarket” bencana khususnya bencana tektonik. Posisi Indonesia yang diapit oleh lempeng Eurasia, Pasifik dan Indo-australia menyebabkan potensi bencana seperti gempa bumi sangat rawan terjadi.

Desa Benjor, Kec. Tumpang, Kab. Malang tidak hanya terkenal dengan tanah yang subur dengan sumber daya alam yang melimpah. Posisi Desa Benjor yang berada di lereng Gunung Tengger Purba mengakibatkan daerah ini menjadi daerah rawan bencana. Hal ini juga tidak terlepas dari zona cincin api (ring of fire), sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa Desa Benjor juga merupakan daerah rawan bencana, khususnya gempa bumi.

(dok:red)

Simulasi manajemen kebencanaan merupakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang tahun 2019 di Desa Benjor. Latar belakang pelaksanaan program kerja ini adalah letak geografis desa Benjor yang rawan bencana alam longsor dan gempa bumi sehingga tujuan kami melaksanakannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan warga khususnya generasi muda Desa Benjor terkait pengetahuan, sikap dan tindakan ketika terjadi bencana alam.

Kegiatan tersebut dapat terlaksana pada tanggal 25 Juni 2019 di SMP PGRI Tumpang yang berada di Desa Benjor. Rangkaian simulasi manajemen kebencanaan di awal dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan simulasi bencana di dalam kelas dan di lapangan.

Pada pelaksanaannya, peserta melakukan praktik langsung hingga mereka bisa mengerti dalam membaca kondisi saat terjadi gempa. Sementara pemeteri simulasi manajemen kebencanaan disampaikan oleh salah satu anggota KKN UM Desa Bemjor yaitu Meysya Rilla Nadhifah mahasiswi Pendidikan Geografi.

Peserta simulasi manjemen kebencanaan mengikuti dengan antusias karena met yang digunakan adalah bermain sambil belajar sehingga peserta dapat langsung menerapkan ketika sewaktu-waktu terjadi bencana. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.