Peresmian Perpustakaan dan Logo Laskar Anak oleh Praktikan Kesejahteraan Sosial UMM

0
107

Oknews.co.id – Mahasiawa Jurusan Kesejahteraan Sosial UMM resmikan perpustakaan di Dsn. Sidorejo Ds. Purwodadi Kec. Donomulyo. Awalnya ditujukan untuk Laskar anak dengan jumlah buku sebanyak 1 rak buku. Laskar anak sendiri merupakan sekumpulan forum anak yang merupakan anak pekerja migran yang sangat perlu bimbingan dan perhatian. Karena mayoritas Desa Purwodadi banyak yang menjadi pekerja migran sehingga Desa ini dijuluki sebagai kampung Migran. Namun, berjalannya waktu perpustakaan ini juga ditujukan untuk masyarakar umum. Dengan itu maka Mahasiswa Praktikum II Kesejahteraan Sosial memutuskan untuk mendirikan perpustakaan yang diletakkan di tengah Desa Purwodadi, tepatnya di Balai Dusun Purwodadi.

Perpustakaan ini diberi nama perpustakaan desa “Sinau Syafa’at” yang diambil dari dua bahasa yakni “Sinau” dari bahasa jawa yang artinya “Belajar”, sedangkan “Syafa’at” di ambil dari bahasa arab yang memiliki makna “pertolongan/manfaat”, jadi diharapkan dengan adanya perpustakaan “Sinau Syafa’at” ini mampu memberikan manfaat bagi anak khususnya di Dusun Purwodadi untuk lebih banyak lagi mendapatkan ilmu dan belajar bersama di perpustakaan tersebut. Adanya berbagai buku antara lain buku akadrmik, buku cerita, buku edukasi untuk anak usia dini. Tersedianya buku tersebut diperoleh dengan adanya kerja sama antara praktikan dengan pihak luar atau institusi luar.(20/9/2019)

Mahasiswa Praktikum II Universitas Muhammadiyah Malang mendesain perpustakaan semenarik mungkin, hal tersebut bertujuan untuk memberikan konsep baru atau berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, sehingga anak tetarik untuk datang ke perpustakaan tersebut dan bisa meningkatkan minat baca anak di Desa Purwodadi.
Pengesahan ini bertujuan agar masyarakat desa mengetahui tentang keberadaan perpustakaan yang ada di Dsn. Sidorejo, karena beberapa dari masyarakat tidak mengetahui akan adanya perpustakaan ini. Saat ini perpustakaan semakin banyak pengunjung khususnya didominasi oleh anak-anak SD yang semakin giat belajar diperpustakaaan. Buku yang tersedia juga semakin banyak saat ini mencapai 3 rak. Buku yang tersedia mulai dari buku bacaan anak, buku dongeng, buku agama, buku SD kelas 1 sd 6, buku SMP, SMA, kuliah dan pengetahuan umum.

Peresmian ini dihadiri Miss. Sona dari Armenia Eropa Timur yang berpesan pada anak-anak Desa Purwodadi agar tetap giat belajar dan membaca, semoga suatu saat bisa keluar negeri seperti dirinya. Selain itu, juga dihadiri sekretaris kecamatan Donomulyo dan menggundang Dinas Perpustakaan pusat kota Malang yang sekaligus menghadirkan perpustakaan keliling datang ke Desa Purwodadi untuk mengenalkan perpustakaan kepada anak-anak desa.

Praktikan Kesejahteraan Sosial melakukan pembentukan kepanitiaan pengurus perpustakaan, mereka yang tergabung dalam pengurus laskar anak yang aktif mengikuti kegiatan perpustakaan yang diamanahkan mengurus perpustakaan tersebut, hal tersebut diharapkan mampu melatih anak untuk dapat mengelola perpustakaan dengan mandiri. Konsep peminjaman dan pengembalian buku yakni dengan kesadaran diri tanpa denda, rencananya perpustakaan ini akan ada tambahan buku lagi dari donasi lainnya.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan peresmian Logo Laskar Anak, Forum Peduli Anak Pekerja Migran. Dalam acara ini menampilkan bakat dan potensi kebudayaan Laskar Anak, Seperti tari tradisional yaitu tari Manuk Dadali, dan tari flash mob yang merupakan tarian laskar anak.

Menurut Agil Woro Endrianto selaku penanggung jawab, adanya perpustakaan di tengah desa sangat penting bagi masa depan anak, khususnya di Desa Purwodadi. Perpustakaan tersebut diharapkan mampu maningkatkan minat baca anak, serta bisa memberikan banyak ilmu pengetahuan. Konsep yang di desain semenarik mungkin juga merupakan hal penting untuk memberikan daya tarik utama, agar anak tertarik datang ke perpustakaan dan membaca, tanpa ada rasa keterpaksaan.

Praktikum II Kelompok I Community Development 2019
Laskar Anak-Forum Peduli Anak Pekerja Migran
Kampung Pekerja Migran Desa Purwodadi
Hutri Agustino sebagai Kepala Laboratorium kesejahteraan Sosial
Universitas Muhammadiyah Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.