LANJUTKAN PERKADERAN, HMI TEKNIK UM GELAR LK I VIRTUAL BATCH #1

0
292
Pamflet Latihan Kader HMI

Oknews.co.id, Latihan Kader 1 merupakan gerbang masuk mahasiswa untuk menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Islam. Organisasi yang diprakarsai oleh seorang Pahlawan Nasional Lafran Pane ini, berfungsi sebagai organisasi kader (Pasal 8 AD HMI) sehingga perkaderan merupakan jantung organisasi.

Dalam kondisi mewabahnya pandemi COVID-19 serta himbauan physical distancing dari pemerintah pusat mengakibatkan dilarangnya segala bentuk kegiatan yang melibatkan banyak orang. Dunia kampus dengan segala hiruk pikuknya harus dihentikan sementara dan diberlakukannya sistem daring. Hal ini tentu sangat berdampak terhadap seluruh agenda organisasi mahasiswa yang sudah dirancang sebelumnya karena kurangnya intensitas tatap muka antar anggota. Tak terkecuali di HMI, sistem daring berdampak pada proses perkaderan dan segala aktivitas kaderisasi. Kondisi ini mengharuskan kita berupaya untuk terus berinovasi melanjutkan roda perkaderan dalam situasi dan kondisi apapun.

Muhammad Fatihun, Ketua Umum HMI Komisariat Teknik UM menjelaskan bahwa Latihan Kader 1 Virtual merupakan solusi alternatif HMI Komisariat Teknik UM dalam menjawab situasi dan kondisi pandemi COVID-19 agar roda perkaderan tetap berjalan maksimal. LK 1 Virtual ini sekaligus menjadi langkah inovatif perkaderan yang disesuaikan dengan  adaptasi perkembangan teknologi.

Konsep pelakasanaan LK 1 Virtual sedikit berbeda dengan LK 1 Konvensional. Seluruh kegiatan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dilakukan secara daring. Panitia memanfaatkan Group WhatsApp untuk koordinasi, sedangkan pelaksanaanya menggunakan aplikasi video conference (Google Meet).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 10-13 Juli 2020. Durasi waktu yang sangat singkat ini terpaksa diterapkan karena mempertimbangkan banyak faktor yang berpotensi untuk menghambat pelaksanaan kegiatan ini, seperti munculnya rasa bosan peserta karena harus menyimak materi selama berjam-jam yang justru membuat training tidak efektif dan efisien. LK 1 Virtual ini diikuti oleh peserta yang mayoritas berasal dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Karena durasi waktu yang sangat singkat maka pemahaman materi akan dimaksimalkan pada saat follow up pasca LK 1 di komisariat masing-masing.

Riski Amallia, Ketua Panitia Pelaksana Latihan Kader 1 Virtual menjelaskan bahwa Latihan Kader 1 Virtual ini mekanisme pelaksanaannya telah disederhanakan namun tetap sesuai dengan kerangka acuan yang tercantum dalam pedoman perkaderan. Karena merupakan salah satu training formal daring pertama di Indonesia, kendala teknis saat pelaksanaan sudah pasti ada apalagi belum ada acuan final yang bisa dijadikan referensi untuk teknis pelaksanaannya, namun masih dapat diatasi dengan soliditas tim dan komunikasi yang baik antar panitia pelaksana dan panitia pengarah. Fatihun juga berharap Latihan Kader 1 Virtual ini dapat menjadi motivasi untuk komisariat lain agar tetap semangat melanjutkan perkaderan walaupun dalam situasi dan kondisi luar biasa seperti ini.

#panjangumurperjuangan

#panjangumurperkaderan

#yakinusahasampai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.