PMM UMM di Rumah Belajar Kakek Aboe Bukan Hanya Pengabdian Biasa

0
292

Oknews.co.id – Malang,  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Mahasiswa ini akan melakukan berbagai kegiatan bentuk psikoedukasi kepada masyarakat di daerah Rumah Belajar Kakek Aboe. Melihat banyaknya anak-anak yang memiliki semangat belajar yang tinggi ini kelompok 16 PMM UMM memilih untuk dapat melakukan kegiatan disana. Pada hari ini minggu (26/07/2020) seluruh anggota yang berbeda jurusan ini melakukan kunjungan di Rumah Belajar Kakek Aboe yang beralamat di Jalan Tanjung Putra Yuda 1 Rt 07 Rw 11, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kegiatan yang di gagas oleh kampus putih jas merah ini merujuk kepada kemandirian mahasiswa dalam melakukan aksi sosial kepada masyarakat. Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 27 Juli 2020 hingga 9 September 2020. Ro’in Riyadhi Syifak, sebagai ketua koordinator menyampaikan bahwasanya potensi dikembangkannya edukasi yang berbau pendidikan ini sangatlah baik dilakukan di rumah belajar kakek aboe mengingat seluruh anak anak yang belajar disana memiliki semangat yang tinggi. “Kegiatan ini sangatlah baik dikarenakan respon positif dari anak-anak dan juga antusias yang membuat mereka memiliki semangat belajar yang tinggi”ujarnya saat di temui di rumah belajar kakek aboe.

Kegiatan ini memiliki agenda yang sangat baik meliputi psikoedukasi, meciptakan budaya literasi, pemahaman dan praktek mengenai covid-19 dan yang terakhir adalah membuat aquaponik yang juga disampaikan oleh ketua koordinasi PMM UMM Kelompok 16 ini.

Kegiatan PMM UMM ini mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari lingkungan sekitar dan tentunya pemilik rumah belajar kakek aboe. Hal ini membuat PMM UMM kali ini tidak biasa, dikarenakan mahasiswa yang terlibat juga mementingkan edukasi yang tersampaikan bukan hanya kegiatan yang sekedar jalan dan tidak mendapatkan luaran yang diharapkan.

“Kegiatan ini sangat membantu saya dalam melakukan pengajaran kepada anak anak di daerah rumah saya ini” pungkas kakek aboe pemilik rumah belajar. Kakek aboe juga menyampaikan harapan kepada tim bahwasanya kegiatan ini jangan berakhir hanya sampai disini saja, semoga seluruh mahasiswa yang melakukan PMM UMM ini dapat melanjutkan aksi sosial kepada seluruh masyarakat indonesia.

Tak berhenti disana kegiatan PMM UMM ini tidak terlaksana jika tanpa adanya dosen pendamping lapang (DPL) dari Universitas Muhammadiyah Malang ibu Beti Istanti Suwandayani, M.Pd, beliau juga memiliki harapan terlaksananya kegiatan PMM UMM ini. “Harapan saya untuk kegiatan PMM UMM pada kelompok 16 adalah kegiatan ini merupakan bentuk tri dharma perguruan tinggi yang mengintegrasikan penelitian, pengabdian dan pendidikan. Harapannya untuk kelompok 16 ini bisa melakukan perubahan positif dan membantu masyarakat dalam pembangungan dan pengembangan potensi daerah. “ ujar beliau

Harapan juga datang dari anggota PMM UMM kelompok 16, Addini Fahira menyampaikan “Semoga anak-anak ini dapat mengaplikasikan kegiatan yang akan kami lakukan kedepannya” ujarnya. Dia menyampaikan harapan kedepan saat terlaksananya kegiatan PMM UMM di Rumah Belajar Kakek Aboe.

Penulis : Fikrie Syafiul Huda

Editor    : Cakra Yudha Bhakti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.