Problematika Belajar Mahasiswa di Tengah Pandemi COVID-19

0
119

Oknews.co.id – Tulungagung, Virus Corona (Covid-19) telah memberikan dampak serius kepada masyarakat Dunia termasuk Indonesia. Virus yang berasal dari kota Wuhan China ini menimbulkan Dampak beraneka ragam, salah satunya di bidang pendidikan. Sejak kemunculan virus ini pemerintah memutuskan untuk belajar secara online yang di lakukan di rumah masing-masing. Upaya ini bertujuan untuk memutus penyebaran virus corona yang semakin hari korban semakin bertambah banyak.

Untuk bisa mengakses materi yang di berikan oleh dosen pasti kita membutuhkan akses internet yang baik. Menurut saya pribadi melaksanakan kuliah secara daring(online) kurang efisien hasilnya, kenapa demikian? Ya karena beberapa daerah memiliki akses sinyal yang cukup sulit sehingga ketika melaksanakan kuliah secara online terkadang terputus koneksi dan susah untuk masuk kedalam kelas online lagi.

Fenomena lain yang saya rasakan dan teman-teman mengeluhkan dosen yang hanya memberikan tugas kepada para mahasiswa tanpa memberikan materi terlebih dahulu dan waktu pengumpulan yang cukup singkat. Hal ini tentu berpotensi membuat mahasiswa semakin terbebani. Dengan memberlakukanya kuliah online sudah seharusnya dari pihak universitas juga memberikan bantuan kepada para mahasiswa mengingat setiap semester para mahasiswa sudah membayarkan Uang Kuliah Tungal(UKT). permasalahan tidak hanya di situ ada beberapa dosen yang masih gagap akan perkembangan teknologi yang ada di masa sekarang. Terlihat saat waktu kuliah online mahasiswa menawarkan kepada dosen pengampu untuk menggunakan aplikasi yang mudah di jangkau dengan data yang tidak terlalu besar namun dosen yang mengajar merasa kesulitan. Hal ini juga menjadi pemicu untuk kuliah secara online kurang efektif hasilnya.

Dengan adanya Pandemi seperti saat ini adalah suatu pembelajaran tersendiri bagi seluruh masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak media yang seharusnya memberitakan tentang korban kematian secara berlebihan dan seharusnya meningkatkan pemberitaan tentang hal positif yang sifatnya memberi semangat bagi khalayak umum. Kerancuan dalam pemberitaan yang di lakukan oleh media juga membuat suasana dalam kehidupan masyarakat menjadi kacau di tambah berita hoax yang ada di mana-mana. Sudah menjadi keharusan bagi para kaum millennial untuk menangkal berita hoax yang ada di grup whatsapp keluarga dan memberikan informasi secara benar adanya.

Sebuah peringatan untuk menetapkan kebijakan proses belajar secara online agar mendapatkan hasil yang efisien dalam keadaan pandemi virus corona seperti saat ini. Cara untuk tidak ketinggalan materi apa yang di ajarkan oleh dosen para mahasiswa harus lebih bersikap proaktif di setiap waktu dan terus berkomunikasi sama dosen pengampu. Semoga pandemi ini lekas berlalu dan kehidupan bisa berjalan secara normal seperti sebelum adanya pandemi virus corona ini.

Penulis

Edo Japindo Panggayuh

Mahasiswa Ilmu komunikasi – Universitas Muhammadiyah Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.