Rahasia dibalik Keindahan Pulau Saibus

0
76
Suasana Pulau Saibus saat ini. Senin, (27/01/2020)

Oknews.co.id, Sapeken – Sedikit cerita mengenai keunikan pulau Saibus. Pulau Saibus merupakan pulau terpencil diujung Madura letaknya di Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep yang memiliki keindahan alam yang sangat indah, mulai dari Pantainya yang begitu exsotis, Ikan laut yang beragam jenisnya. Didarat pulaunya pun tak kalah indahnya mulai dari tumbuhan hijau yang menghiasi pulau Saibus.

Mata pencaharian penduduk pulau Saibus juga beragam, Nelayan dan Petani. Sehingga dari hasil panen dan penjualan ikan itulah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi dari kesederhanaan itu banyak putra-putri pulau Saibus yang melanjutkan kuliah, mulai dari Madura, Surabaya, Malang, bahkan di Bali dan banyak kota lain tempat mereka kuliah.

Namun sampai saat ini ada yang belum terpecahkan, yaitu listrik. Padahal, listrik juga merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat karena sebagai penerangan rumah ketika malam, saat ini masih tetap memakai PLTD, itupun hanya 6 jam, mulai dari jam 6 sore sampai jam 12 malam, selepas itu mati lagi.

Akan tetapi, dibalik keindahan alam pulau saibus yang begitu indah dan exsotis, masih banyak yang perlu dibenahi. Pulau Saibus kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) nya, tinggal bagaimana kita mengolahnya.

Jika kekayaan alam yang ada di Pulau Saibus benar-benar dikelola dengan baik InsyaAllah tidak ada lagi ibu-ibu tua renta yang perlu turun ke sawah untuk menafkahi dirinya.

Semoga kedepannya Pulau Saibus mampu melahirkan Pemuda-Pumudi yang siap untuk memperbaiki pulaunya sendiri. Bukannya hanya kuliah jauh-jauh akan tetapi hanya mampu memperbaiki dirinya sendiri.

*Izzun Islami Akbar/Mahasiswa UMM dari Pulau Saibus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.