Remaja Kreatif, Mengapa Tidak?

0
50

Oknews.co.id – Pontianak,  Menjadi seorang remaja yang aktif dan kreatif adalah suatu kesempatan yang sangat berarti dalam proses seorang anak menuju remaja. Setiap remaja juga mempunyai bakat, minat dankreativitas yang berbeda. Setiap remaja juga mempunyai jiwa kreativitas yang tidak sama dan kreativitas itu ditunjukkan dengan cara yang berbeda pula.

Banyak remaja yang ingin cerdas dan kreatif, akan tetapi banyak juga yang tidak mau mengembangkan bakat yang mereka miliki dan mengasah potensi diri mereka. Banyak alasan yang dikatakan seperti, sebelum mencoba sudahmengatakan tidak bisa! dan kurangnya kesadaran remaja untuk berkreasi mereka lebih memilihmenghabiskan waktunya untuk hal hal yang kurang berguna.
Menjadi remaja kreatif itu mudah karena banyak sekali cara yang bisa mereka lakukan agardapat berkreasi dan dapat mengembangkan bakat kreativitas yang dimiliki. Remaja dapat mencari bakat yang tersembunyi atau terpendam tersebut dengan cara seperti menanyakan kepada orang lain apa yang paling menonjol pada diri kita atau menemukan sesuatu yang mudah dan nyaman untuk dilakukan seperti hobi atau talenta.
Dapat juga dengan mengikuti tes bakat yang bertujuan memberikan suatu gambaran tentang kemampuan seseorang di berbagai bidang minat tertentu. Karena itu jangan ragu ragu untuk mencoba melakukan berbagai kegiatan ataupun hal yang belum kital akukan karena siapa tahu dari kegiatan coba coba kita dapat menemukan bakat kita yang terpendam.
Pada saat sekarang ini, remaja dalam proses penggalian bakat dan kreatifitas. Bagaimanakahseharusnya agar menjadi remaja yang kreatif dan cerdas (arah mudahnya yaitu dengan mencari jati diri kita, selalu mencoba apa yang belum kita ketahui, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki imajinasi yang tinggi pula, memiliki kemauan, bekerja keras, dan konsentrasi)
Cara agar menjadi remaja yang aktif kreatif juga bisa dengan
a.Membuat planning kedepan, 
b.Dalam menjalankan planning tersebut harus step by step,
c.Tidak lupa belajar dari kesalahan atau kegagalan yang pernah diperbuat dan jangan sampai terulang kembali akan tetapi harus memperbaikinya.
d.Menumbuhkan keberanian dan juga motivasi dalam diri,
e.Mintalah dukungan dari lingkungan sekitar kita seperti orang tua, sahabat, dan teman.
Menjadi remaja Kreatif terbentuk bukan dari suatu bakat saja, melainkan dari sesuatu yang perlu digali dan dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus.
Seperti sesuatu hal yang sering kita lakukan setiap hari dan suatu ketika kita tidak melakukannya, maka akan terasa ada sesuatu yang kurang yang belum dijalani. Contohnya saja sholat – yang setiap waktu kita lakukan, ketika kita melupakan satu sholat saja, terasa ada yang belum lengkap.
Karena itulah setiap orang berpotensi menjadi kreatif, tergantung kemauan, usaha dan kerja kerasnya. Nah, saya juga memberi saran bagi para remaja yang ingin mengembangkan lagi bakat yang yang sudah ada, seperti 
a.Membuat lingkungan sekitar kita dapat merangsang kreativitas kita. 
b.Berfikirlah sesuatu yang dapat menghasilkan dengan menemukan ide.
c.Kemudian mencoba bereksplorasi membuat suatu karya dari ide tersebut.
d.Tanamkan motivasi dalam diri bahwa pasti bisa! menyelesaikan karya tesebut.
e.Carilah orang orang yang kreatif disekitar kita, bisa teman, sahabat, orang tua untuk saling bertukar pikiran dan juga bisa menggali ilmu atau bisa saja kita termotivasi setelah itu.
Akan tetapi, yang harus diingat bakat dan kreatifitas tersebut haruslah berkembang mengarahke arah yang positif. Jangan sampai tidak berkembang dan malah menyimpang lalu yang mencobamelakukan hal-hal yang berbau negatif, karena bukannya menjadi remaja yang kreatif malahan menjadi remaja yang tidak bermoral.Tidak sulit menjadi remaja yang kreatif. Hal ini berdasarkan dari keinginan remaja itu sendiri. Jikaorang lain bisa kenapa kita tidak, akan tetapi yang harus diingat dalam berkreatifitas, pendidikan tetap nomor satu, jangan sampai pendidikan tertinggal hanya gara-gara menekuni banyak kegiatanyang aktif dan kreatif, karena akan menjadi percuma saja.
Karena remaja yang kreatif itu adalahremaja yang bukan hanya sukses dalam berbagai kegiatan saja tapi juga sukses dalam urusan pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.