Sampah Plastik yang Dianggap Berbahaya, Ternyata Dapat Dimanfaatkan oleh Mahasiswa KKN UM Menjadi Barang Layak Guna

0
23

Oknews.co.id, Malang – Kebersihan pangkal kesehatan, peribahasa ini pasti sudah tidak asing lagi bagi yang kita semua. Di lingkungan masyarakat seringkali mengalami permasalahan tentang kebersihan. Hal ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan kurang peduli dengan lingkungan.

Purwoasri merupakan sebuah desa di Kecamatan Singosari yang sebagian besar wilayahnya merupakan area persawahan dan ladang. Sawah dan ladang yang ditanami berbagai tanaman sering kali dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah yang sumbernya berasal dari sampah rumah tangga yang berjenis sampah plastik dan jika sampah sudah menumpuk maka akan dilakukan pembakaran. Seperti yang kita ketahui bahwa pembakaran sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran udara dan dapat membahayakan warga.

“Masih didapati banyak warga yang membuang sampah sembarangan di lahan-lahan sawah dan juga jurang. Karena disini tidak terdapat tempat pembuangan akhir. Jadi kami sangat berterima kasih sekali jika diadakan acara sharing dan pengolahan sampah di Balai Desa” ungkap Paino selaku Sekretaris Desa Purwoasri (03/07).

Masyarakat perlu mengetahui bahaya dari pembakaran sampah dan pembuangan sampah yang sembarangan karena hal tersebut akan merusak lingkungan dan dampak buruknya akan kembali ke masyarakat. Namun hal itu dapat dihindari jika sampah yang tidak berguna tersebut bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai barang yang baru. Karena itulah mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Purwoasri berinisiatif untuk mengadakan acara ‘Diskusi dan Sharing tentang Pengelolaan Sampah’. Acara tersebut diadakan pada tanggal 06 Juli 2018 bertempat di balai desa Purwoasri, sekaligus diikuti pelepasan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang.

Acara diskusi dan sharing tentang pengelolaan sampah ini dihadiri sekitar 98 orang yang terdiri dari Dosen Pendamping Lapangan KKN UM, Perangkat Desa Purwoasri, LPMD, BPD, Ketua RT, Ketua RW, dan juga Karangtaruna Desa Purwoasri, yang mendatangkan pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. Perangkat desa Purwoasri merasa senang dengan adanya acara tersebut karena dapat menambah pengetahuan warga tentang pengolahan sampah rumah tangga yang sebelumnya dibuang di area persawahan dan ladang ternyata bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bermanfaat seperti kursi, pagar, bendungan pengganti batu bata dan lain sebagainya.

Program ini merupakan langkah yang tepat dalam menjawab salah satu permasalahan yang ada di Desa Purwoasri. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat Desa Purwoasri bisa mengubah pola pikir negatif tentang sampah dan dapat mendaur ulang sampah menjadi barang baru yang layak guna daripada dibuang sembarangan dan menyebabkan pencemaran lingkungan. (Ryn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.