Santri Muallimin Muallimat Serukan Dakwah Melalui Bakti Sosial

0
365

Oknews.co.id – Ponorogo, Kegiatan bakti sosial yang diadakan pada hari 21-23 Agustus 2018 yang bertepatan dengan momen idul adha 1439 H yang bertempat di Kecamatan Badegan Ponorogo Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang di adakan oleh Ipmmmatim yaitu konsulat Ikatan Pelajar Mu’allimin dan Mu’allimaat dari Jawa Timur. Acara ini sebagai bentuk pengabdian santri Mu’allimin-Mu’allimaat sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah kepada daerah.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mewujudkan rasa kemanusiaan dan dapat meningkatkan jiwa sosial serta meningkatkan kualiatas ibadah karena kegiatan bakti sosial ini diselingi dengan kegiatan keagamaan dengan diadakannya tabligh akbar. Bakti sosial ini diawali dengan breafing pada pukul  07.00 yang dipimpin oleh ketua acara yaitu Muhammad Fath Faiz. Setelah breafing,seluruh peserta laki-laki langsung melakukan kerja bakti membersihkan desa yang akan ditempati selama kegiatan bakti sosial,sedangkan yang perempuan membantu masyarakat disana memasak untuk persiapan buka bersama karena hari itu bertepatan dengan puasa Arafah.

Setelah melakukan serangkaian acara kerja bakti desa para peserta  beristirahat sambil menunggu waktu berbuka. Setelah memasuki waktu berbuka para peserta mengadakan buka bersama dengan warga sekitar sekaligus menjadi moment sambutan  yang sangat antusias dari masyarakat. Setelah selesai berbuka, malam hainya pukul 20.00 peserta bakti sosial mengadakan Tabligh Akbar yang disi oleh Bapak Sukriyanto A.R yaitu ketua LSBO PP.Muhammadiyah yang menjelaskan Muhammadiyah secara rinci dan juga menjelaskan Islam Rahmatan Lil Alamin, pengajian tersebut dihadiri sekitar 200 orang.

Kegiatan yang berkolaborasi dengan seluruh Ortom Muhammadiyah Ponorgo pada hari kedua mengadakan shlat idul adha yang diadakan di lapangan kecamatan Badegan, setelah melakukan sholat ied, para peserta dan seluruh warga setempat melakukan penyembelihan 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing. menurut keterangan warga setempat,penyembelihan ini baru awal pertama diadakan di kecamatan Badegan oleh karena itu warga sangat antusias dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh peserta bakti sosial dari siswa-siswi Mu’allimin dan Mu’allimaat. Setelah pemotngan hewan qurban selesai,pada sore harinya dilakukan pembagian daging qurban sekaligus bakti sosial pembagian sembako gratis berkat kerjasama dengan Lazismu Ponorogo dalam kegiatan ini peserta bakti sosial membagikan sekitar 100 paket sembako gratis.

Pada hari ketiga sekaligus hari terakhir dalam rangkaian acara bakti sosial beragam komentar positif dilontarkan warga setempat. Pada penghujung rangkaian kegiatan bakti sosial peserta bakti sosial yang berkerjasama dengan RS PKU ponorogo mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, kegiatan yang berlangsung di hari terakhir ini berhasil menyedot berbagai kalangan masyarakat tua,muda,reamaja dan anak-anak.terhitung sekitar 300an orang mengikuti kegiatan pemeriksaan gratis tersebut.
Mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut  karena untuk pencegahan penyakit sejak dini.setelah kegiatan tersebut dinyatakan selesai seluruh peserta bakti sosial santri Mu’allimin-Mu’allimaat dari Jawa Timur (Ipmmmatim) berpamitan dengan warga setempat . Para warga meyambut haru perpisahan dan beragam komentar positif pertanda kegiatan ini berhasil dilaksanakan. Para warga berharap agar dapat terus menjalin silaturahim serta dapat mengadakan acara serupa dilain waktu.(rivaldi & Raisul Haqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.