Semangat Ibnu Sina, SD Al Kautsar Pasuruan Bangun Keunggulan Baru

0
188

Oknews.co.id – Pasuruan, Istilah “sekolah” dalam khazanah ke Indonesiaan merujuk pada lembaga pendidikan formal yang berada pada jenjang bawah perguruan tinggi.Sekolah mengandung arti tempat atau wahana anak mengenyamproses pembelajaran. Artinya di sekolah seoranganak menjalani proses belajar  secara terarah, terpimpin dan terkendali.

Sekolah berfungsi sebagai tempat transfer pengetahuan (knowledge transfer), transfer nilai (value transfer), juga berfungsi mempertahankan dan mengembangkan tradisi dan budaya-budaya luhur dalam suatu masyarakat melalui proses pembentukan kepribadian (in the making personality processes) sehingga menjadi manusia dewasa yang mampu berdiri sendiri di dalam kebudayaan dan masyarakat sekitarnya.

SD AL Kautsar adalah sekolah unggulan yang ada di Kota Pasuruan, yang memiliki siswa 884 dengan jumlah rombel 29 ruang kelas 2 ruang lab belajar computer dan 1 ruang sumber belajar inklusif, namun pada akhir tahun 2019 SD Al Kautsar mendapatkan bantuan ruang sumber belajar oleh Pemerintah Kota Pasuruan sehingga sekarang kita memeiliki ruang sumber belajar yang baru dengan fasilitas yang sangat memadai untuk belajar bagi siswa – siswi yang memiliki kebutuhan khusus

 

Tepat pada acara resepsi Milad Muhammadiyah Kota Pasuruan yang ke 107 hari ini ruang sumber belajar SD Al Kautsar tersebut di resmikan oleh Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST Selaku PLt,Wali Kota Pasuruan. Proses penandatangan gedung tersebut dengan didampingi oleh Bpk H. Abu Natsir M.Ag selaku Ketua PDM Kota Pasurua dan Bapak Suyatno, S.Pd selaku kepala sekolah. Peresmian gedung tersebut diadakan di gedung Pusat Penelitian Gula Indonesia (P3GI)Kota Pasuruan.

Usai meresmikan gedung Ibnu Sina ruang sumber belajar lalu Bapak Plt Wali Kota Pasuruan memberikan pidato selama kurang lebih 20 menit, dalam pidatonya beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Muhammadiyah kota Pasuruan yang telah ikut andil dalam dunia pendidikan guna mencerdaskan putra putri bangsa, juga memberikan ucapan selamat kepada Muhammadiyah yang telah berusia 107th muhammadiyah kota Pasuruan yang terus bersinergi dengan pemerintah.

Resepsi Milad Muhammadiyah yang ke 107th kali ini juga di meriahkan dengan penampilan Kawaitan Marsudi Laras SD Al Kautsar yang di pimpin oleh Bapak Hadi Santoso, S.Pd dengan Pembina Bapak Imam. Kawaitan ini dengan berbusana muslim dan lagu – lagu yang memberikan nasihat yang baik kepada siapa saja salah satu tembang pepeling, yang makna mengingatkan kita dengan sholat lima waktu. Selain itu juga ada tampilan tapak suci dan menyanyi tunggal Laskar pelangi oleh Ananda Jihan.

Tepat pukul 12.00 acara resepsi milad Muhammadiyah Kota Pasuruan di akhiri dengan pembacaan doa oleh  KH, Said Kholil selaku ketua Umum MUI Kota Pasuruan.

Secara ontologis, sekolah unggul dalam perspektif Departemen Pendidikan Nasional adalah sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran (output) pendidikannya. Untuk mencapai keunggulan tersebut maka masukan (input), proses pendidikan, guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, serta sarana penunjangnya harus di arahkan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Sekolah unggul merupakan lembaga pendidikan yang lahir dari sebuah keinginan untuk memiliki sekolah yang mampu berprestasi di tingkat nasional dan dunia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh ditunjang oleh akhlakul karimah.

Sekolah unggul dikembangkan untuk mencapai keistimewaan dalam keluaran pendidikannya. Untuk mencapai keistimewaan tersebut, maka masukan, proses pendidikan, guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, serta sarana penunjangnya harus diarahkan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut, Selamat SD Al Kautsar, Semoga Unggul dunia akhirat

(Choiruman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.