Sepuluh Hewan Terlangka di Dunia

0
744
Perburuan Liar yang Menjadi Momok Menurunnya Jumlah populai Hewan di Muka Bumi

Oknews.co.id – Maraknya pemburuan liar dan semakin mengecilnya habitat yang didiami oleh satwa liar menjadikan banyak hewan mulai langka karena tidak punya lagi tempat untuk bernaung.

“Penghancuran Habitat, polusi atau penangkapan ikan yang berlebihan menghancurkan makhluk dan tanaman liar secara langsung, setidaknya membuat kehidupan mereka sangat rentan” kata Derek Tittensor, seorang ahli ekologi kelautan di World Conservation Monitoring Centre di Cambridge, Inggris. “Masalahnya dalam beberapa dekade mendatang, perubahan nyata seperti perubahan iklim akan semakin jelas menjadi ancaman lebih banyak spesies satwa”

  1. Berdasarkan data yang dirilis oleh International Union for Conservation of Natur (IUCN) mengungkapkan hewan yang paling langka adalah Leopard Amur, dalam nama ilmiah disebut Panthera pardus orientalis. Hewan yang berhabitat di padang savana Afrika berdasarkan survey yang dilakukan di 2007 hanya ditemukan 20 ekor Leopard Amur dewasa. Selain di Afrika hewan ini juga ditemukan di Rusia Timur, dan di dataran Cina.

    Leopard Amur (Panthera pardus orientalis) Hewan terlangka di Dunia
  2. Hewan terlangka kedua menurut IUCN adalah Badak Sumatera. Hewan endemik asli Sumatera Indonesia ini tercatat kurang dari 275 individu dewasa. Hewan dengan nama ilmiah Dicerorhinus sumatrensis ini merupakan satu-satunya badak yang memiliki cula dua di dunia, dan terdapat rambut tipis di seluruh tubuhnya.

    Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) Satu-satunya Badak Bercula Dua di Dunia yang Termasuk Jenis Spesies Terlangka di Dunia
  3. Hewan terlangka selanjutnya adalah Gorila Dataran Rendah, atau dalam nama ilmiahnya Gorilla gorilla. Hewan yang ditemukan di hutan Afrika ini sering diburu oleh masyarakat karena terkenal dagingnya yang enak. Selain perburuan besar-besaran yang terjadi, juga wabah virus Ebola yang menjadikan jumlah spesies ini juga semakin menurun.

    Gorila Dataran Rendah (Gorilla gorilla), Hewan Langka yang Marak Diburu, dan Juga Berkurang Karena Virus Ebola
  4. Hewan terlangka selanjutnya adalah Tikus Gunung Australia atau Pygmy possum. Tikus endemik Australi ini termasuk salah satu mamalia kecil yang langka, hal tersebut dikarenakan luas habitatnya yang semakin menyempit karena pembangunan yang dilakukan di sana.

    Tikus Gunung Australia (Pygmy possum), Mamalia Kecil yang Langka Akibat Dampak Pembangunan
  5. Buaya Pilipina yang menjadi hewan terlangka selanjutnya. Hewan dengan nama ilmiah Crocodylus mindorensis langka dikarenakan berkurangnya luas lahan habitatnya yang digunakan menjadi lahan pertanian yang juga pemburuan liar. Jenis buaya air tawar ini bisa hidup hingga ukuran panjangnya mencapai 3 metter.

    Buaya Pilipina (Crocodylus mindorensis) Jenis Buaya Airtawar terlangka Di Dunia
  6. Hewan terlangka selanjutnya adalah Orang Utan Sumatera, hewan dengan nama ilmia Pongo abelii ini tercatat menjadi salah satu hewan dengan jumlah populasi tersedikit di dunia. Berdasarkan hasil survey ditemukan jumlah populasi dalam 70 tahun terakhir terus menurun hingga 80%. Di alam liar jumlahnya kurang dari 7000 individu.

    Orang Utan Sumatera (Pongo abelii) Hewan Endemik Sumatera yang Jumlahnya terus menurun
  7. Hewan yang dinilai langka selanjutnya adalah Burung Ibis Petapa Utara dari jenis Threskiornithinae. Burung ini hidup di gurun Syria, yang semkin menurun jumlah populasinya akibat perang Syuriah. Berdasarkan legenda, burung ni merupakan sumber kesuburan yang menjadikannya begitu diminati oleh masyarakat untuk diburu yang menjadikan jumlah spesiesnya semakin menurun.

    Burung Ibis Petapa Utara (Threskiornithinae) Burung yang Menjadi Legenda Kesuburan yang Justru Malah dalam Keadaan Langka
  8. Hewan yang terancam punah selanjutnya adalah Katak Pohon Bermata Hitam atau dalam nama ilmiah disebut Polypedates sp. Hewan tersebut terancam punah dikarenakan semakin mengecilnya habitat aslinya di Meksiko, dan juga infeksi dari jamur Chytrid. Diperkirakan hingga sepuluh tahun kedepan jumlahnya akan terus menurun hingga 80%.

    Katak Pohon Bermata Hitam (Polypedates sp.) Jenis Amfibi yang Terancam Punah
  9. Hewan langka selanjutnya adalah Lobster Pohon atau dalam nama ilmiah Dryococelus australis atau di dunia dikenal dengan sebutan lord Howe Island Stick Insect karena serangga kersebut hanya hidup di pulau Lord Howe Australia. Hewan tersebut sempat dinyatakan punah di tahun 2000 dan kembali ditemukan dan dikonservasikan di tahun 2001.

    Lobster Pohon (Dryococelus australis) Hewan Endemik Australia yang Sempat Dinyatakan Punah.
  10. Hewan yang mendekati kepunahan selanjutnya adalah Anthelop Putih. Hewan dengan nama ilmiah Antilope cervicapra ini hanya dapat hidup di Nigeria, dan diprkirakan jumlah poulasinya dibawah 300 ekor. (Dul)

    Anthelop Putih (Antilope cervicapra) Hewan hampir Punah yang Hanya Dapat Hidup di Nigeria

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.