Siapa Sih Guru Honorer itu?

0
127

Oknews.co.id – Guru guru honorer ini juga sering disebut sebagai Guru Tidak Tetap ( GTT ), Guru Belum Tetap ( GBT ), dan Guru Wiyata Bhakti ( GWB ). Guru honorer terdiri atas beberapa kelompok :

  1. Berdasarkan Naugan Kementerian :
    • Guru Honorer Kemenag
    • Guru Honorer Kemdikbud
  2. Berdasakan Tempat Pengabdiannya :
    • Guru Honorer di sekolah swasta
    • Guru Honorer di sekolah negeri
  3. Berdasarkan kategori Honorer yang pengabdiannya sebelum tahun 2005 :
    • Honorer Kategori ke 1 (K1)
      Kategori ini adalah kelompok kehormatan staf sementara yang mendanai gaji / fee secara langsung dibiayai oleh APBD (APBD) atau APBN (APBN). Di mana petugas honorer yang masuk daftar kategori 1 yang mewakili karyawan sesuai dengan Permen PAN-RB No. 5/2010, rekan kerja honorer, yang bekerja di badan-badan negara dengan tanggal (TMT) 1 Januari 2005, terus menerus. Honorer K1 memiliki kemampuan untuk segera diangkat menjadi PNS.
    • Honorer Kategori ke 2 (K2)
      Kategori ini adalah kelompok tenaga honorer honorer yang diangkat pada 1 Januari 2005, tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka tidak menerima gaji dari anggaran / APBN K1 kehormatan. Untuk kategori kedua tenaga honorer yang ingin menunjuk sebagai pelayan publik, ia harus lulus tes atau pilihan pertama.
    • Honorer Kategori ke 3 (K3)
      Kategori kehormatan dalam kelompok jarang mendengar atau kurang populer dibandingkan dengan K1 kehormatan dan K2. K3 pekerja sementara (tanpa kategori) adalah tenaga honorer yang diangkat setelah tahun 2005-2008. Tentu saja, ketika datang ke kemungkinan diangkat sebagai pegawai negeri sipil, kategori kehormatan 3 tampaknya jauh lebih sulit daripada dua kategori sebelumnya. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir karena kekhawatiran tentang pengangkatan K1 terhormat dan K2 belum selesai, Pemerintah atau membatalkan kategori ini.
  4. Berdasarkan kategori Honorer yang pengabdiannya setelah tahun 2005 :
    • Guru honorer non kategori yang mengabdi di sekolah swasta
    • Guru Honorer non kategori yang mengabdi di sekolah negeri (NH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.