Siapkan SDM berkualitas, Teknik Sipil PNJ Sambangi Pabrik Beton LRT Sentul

0
268

Oknews.co.id, Bogor – Rombongan mahasiswa D3 Manajemen Konstruksi Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melakukan kunjungan langsung ke pabrik pembuatan beton precast (pracetak) Laight Rail Transit (LRT) milik PT Adhi Karya (Persero) di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Proyek light rail transit Jabodebek atau disingkat LRT Jabodebek yg dikerjakan PT. Adi Karya merupakan sebuah sistem angkutan cepat dengan kereta api ringan (LRT) yang direncanakan akan dibangun di Jakarta, dan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor.

Kunjungan ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja khususnya bidang sipil. Kehadiran mereka disambut baik oleh Wakil Direktur pabrik precast LRT PT. Adhi Karya Sentul, Bapak Bimo.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama dalam rangkaian kegiatan study ekskursi MK 2019. Kunjungan kali ini berguna untuk menambah wawasan mahasiswa dalam hal struktur beton precast (pracetak) yang ada pada pekerjaan pembangunan konstruksi LRT.

“Kami datang ke sini untuk melihat proses pembuatan precast. Ini merupakan suatu kesempatan berharga bagi kami untuk bisa mempelajari konstruksi LRT secara langsung.” ungkap Mams Eri Ester di Sentul, Bogor, Senin (28/1/2019).

Rombongan diberi safety induction dan materi sebelum berkeliling di area pabrik, mahasiswa terlihat aktif pada sesi tanya jawab. Sebelumnya pemberian kenang kenangan diberikan oleh Ma’am Eri Ester selaku Dosen Pembimbing I Studek MK 2019 didampingi Bapak Rouf (Dosen Pembimbing II) dan Fadil Maulana (Ketua Panitia Studek MK 2019) kepada Bapak Bimo (Wakil Direktur pabrik precast LRT PT. Adhi Karya Sentul).

Selama satu jam setengah mahasiswa mengelilingi proyek pembuatan beton precast dengan dipandu salah satu pegawai. Rasa penasaran membuat mereka lebih aktif ketika di lapangan.

Kebanyakan mahasiswa tertarik dengan teknologi U-Shape Girder. Teknologi asal Perancis tersebut didesain langsung oleh konsultan SYSTRA yang telah mendesain kurang lebih 50% konstruksi railway di dunia. (iqbal/JR).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.