Sinergi Surabaya dan Kupang, Terkait Berbagi Peran dengan Pemda Setempat

0
103
Bangun Komitmen dan sharing pengalaman Rudenim Surabaya dan Kupang

Oknews.co.id – Pasuruan, Keberhasilan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya lakukan serah terima pengungsi luar negeri kepada Pemda Sidoarjo menarik perhatian Rudenim Kupang. Rombongan Rudenim Kupang yang dipimpin oleh Karudenim Albertus Sentani Fenat lakukan studi tiru ke Rudenim Surabaya, Rabu (09/10/2019). Karudenim Surabaya Heru Hartono serta Kasi Registrasi Rini Sulistyowati menyambut kedatangan secara langsung saat tiba di bandara Juanda Surabaya.

Setibanya di Rudenim Surabaya, Rombongan Karudenim Kupang yang didampingi 8 orang pegawai tiba di Rudenim Surabaya pada pukul 09.00 WIB yang langsung disambut oleh seluruh pejabat struktural, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), Jabatan Fungsional (JF) dan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Rudenim Surabaya. Datang ke Rudenim Surabaya dengan tujuan untuk melakukan studi tiru terkait Penanganan Pengungsi Luar Negeri sesuai dengan Perpres No. 125 Tahun 2016.

Kajian Studi Tiru Sharing Beban dengan Pemda terkait Pengungsi antra Surabaya dan Kupang

Saat studi tiru, Rudenim Kupang menanyakan bagaimana langkah langkah Rudenim Surabaya bisa berhasil melakukan serah terima.

“Semenjak Perpres No. 125 Tahun 2016 keluar, kami terus melakukan koordinasi dengan semua pihak. Sering juga kami melakukan diseminasi informasi mengenai perpres tersebut,” ungkap Heru.

Saat koordinasi tentunya ada kendala diantaranya miss konsepsi tentang penanganan pengungsi luar negeri. “Tapi hal tersebut tak menyurutkan kita. Kita terus melakukan koordinasi supaya semuanya bisa paham,” tegasnya.

Pertemuan semakin menarik saat Rudenim Kupang menceritakan kondisi disana. “Kalau di Kupang, pihak terkait kurang merespon. Malah cenderung kurang ‘menghendaki’ adanya pengungsi,” kata Albertus.

Menanggapi hal tersebut, Heru menyarankan untuk terus melakukan koordinasi dan diseminasi informasi. “Itu berdasarkan pengalaman kita. InsyaAllah kalau informasinya dipahami, masing masing stakeholder akan paham,” pungkas Heru.

Rudenim Surabaya berjanji akan membantu Rudenim Kupang untuk bisa melakukan serah terima pengungsi luar negeri kepada Pemda. Untuk diketahui, Rudenim Surabaya berhasil melakukan serah terima pengungsi kepada pemda Sidoarjo pada (5/09/2019). Dari 13 Rudenim yang ada di Indonesia, baru Rudenim Surabaya yang berhasil melakukan nya. (Bustomi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.