SMAM X: Inklusi Kreatif dan Berdaya

0
95
Top, pembelajaran inklusi SMAM X Surabaya

Oknews.co.id-Setelah resmi kantongi SK sebagai penyelenggara sekolah inklusi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timut, Sekolah Peduli Anak Hebat (SPAH) SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (SMAMX) terus berupaya mengembangkan model pembelajaran yang mampu memfasilitasi pengembangan skill atau keahlian siswanya. Salah satunya dengan menghadirkan program career class buat siswa.

Program tersebut khusus ditujukan untuk memfasilitasi pengembangan skill atau keahlian bekerja siswa berkebutuhan khusus alias penyandang disabilitas yang disesuaikan dengan passion-nya.

Koordinator Program SPAH SMAMX Normalia SPsi MPdI mengatakan, program career class ini dimaksudkan untuk mendekatkan anak hebat–sebuatan buat siswa berkebutuhan khusus–dengan lingkungan kerja sesuai dengan passionnya. Juga untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam siswa karena mereka bisa berkarya dan bisa diterima oleh masyarakat seperti halnya siswa ‘biasa’ lainnya.

“Kami ingin agar siswa bisa lebih mandiri dengan adanya program career class ini. Siswa mendapat keahlian bekerja untuk bekal menghadapi tantangan masa depan. Sebab, anak-anak hebat juga memiliki hak yang sama untuk bisa sukses, mandiri dan memiliki kualitas hidup yang baik seperti halnya siswa ‘biasa’ lainnya,” katanya saat ditemui di sekolah, Rabu (5/9/2018).

Setiap pekan, kata Norma, anak-anak hebat SPAH SMAMX aktif mengikuti program career class sesuai dengan minat anak hebat itu sendiri. “Pihak sekolah hanya memfasilitasi. Tapi tidak menententukan tempat career class. Sebab, pemilihan tempat belajar bekerja ini diserahkan sepenuh ke siswa sesuai passionnya,” tegasnya.

Angga dan Adi misalnya, memilih bengkel Bey Tech di Jalan Bratang Gede III Surabaya sebagai tempat career class-nya. Siswa SPAH SMAMX ini memilih belajar bekerja di bengkel lantaran memiliki hobi mengendarai dan utak-atik sepeda motor.

“Saya merasa hobi tersalurkan dengan adanya program ini ditambah ada tantangan untuk bisa belajar di bengkel. Asyik, say ingin terus berkarya,” tutur Angga. (AHA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.