Sukseskan Program Pemerintah Mengenai Desa ASMAN (Asuhan Mandiri), KKN UM 2019 Desa Sumberagung Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Toga.

0
60

Oknews.co.id, Lamongan – Desa Sumberagung merupakan salah satu desa di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan pendapat salah satu masyarakat Desa Sumberagung Khususnya dari warga Dusun Bagel ternyata banyak masyarakat Dusun Bagel yang memiliki tanaman-tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, namun masyarakat Dusun Bagel sebagian besar belum mengetahui khasiat dari tanaman-tanaman tersebut.

Selain itu warga masyarakat Dusun Bagel juga belom bisa dalam tahap pengolahan, sehingga dari mahasiswa Kelompok Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang akan mengadakan Sosialisasi pemanfaatan tanaman toga dan penanaman sambiloto di pekarangan Balai Desa Sumberagung.

Kegiatan sosialisasi dan penanaman toga ini dimulai dengan kegiatan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan oleh Dinas ketahanan Pangan dan dilanjutkan materi tentang pemanfaatan dan cara pengolahan tanaman toga oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. Setelah itu dilanjutkan kegiatan menanam tanaman toga secara simbolis oleh Pemateri dan Kepala Desa di lahan Balai Desa Sumberagung.

(dok: Pemberian Materi Tanaman Toga)

Acara ini dibuka oleh Drs. Saekan selaku Kepala Desa Sumberagung. Peserta dalam acara sosialisasi dan penanaman toga ini dihadiri oleh beberapa kalangan diantaranya yaitu mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak dan sebagaian perangkat desa juga berpartisipasi aktif untuk menghadiri acara tersebut.

Materi Pertama disampaikan oleh Arif Rohman Sholah, S.P. Materi yang disampaikan oleh arif yaitu materi tentang pemanfaatan lahan pekarangan. Dalam penyampaian materi yang disampaikan oleh Arif dikatakan bahwa pekarangan di sekitar rumah dapat digunakan sebagai tempat untuk menanam tanaman-tanaman TOGA, sehingga dapat mengurangi konsumsi penggunaan obat – obat dari bahan kimia.

Tanaman TOGA yang dapat di tanam di sekitar pekarangan rumah diantaranya yaitu temulawak, meniran, pegagan, kencur, mengkudu, umbi teki, sambiloto, lengkuas, daun serai, pohon asam dan masih banyak lagi.

Materi kedua disampaikan oleh Erna Susilaningsih, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. Materi yang disampaikan mencakup pemanfaatan tanaman toga untuk meringankan gejala-gejala yang dialami oleh seorang penderita penyakit diabetes.

Ia juga menjelaskan cara-cara pengolahan untuk membuat obat dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar rumah. Beberapa jenis tanaman toga yang dijelaskan Erna diantaranya yaitu lengkuas, daun sambiloto, serai yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal-gatal.

Selain itu sambiloto juga berkhasiat untuk menurunkan panas dan peredah diare. Selai itu kunyit, asam, daun sembung dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid.

Setelah kegiatan sosialisasi telai usai, dilanjutkan penanaman tanaman toga yaitu sambiloto. Penanaman ini dilakukan simbolis oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Bapak Kepala Desa, dan Koordinator Desa. Selanjutnya penanaman dilanjutkan oleh anggota KKN Universitas Negeri Malang setelah acara selesai.

Harapan dari adanya program kerja Sosialisasi dan Penanaman TOGA ini agar warga masyarakata Desa Sumberagungg dapat memanfaatkan tanaman-tanaman yang ada menjadi obat secara individual, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Selain itu harapan dari teman-teman KKN yaitu dari tanaman TOGA dapat digunakan sebagai usaha kecil dan menengah di bidang obat-obat herbal. Pesan dari teman-teman KKN agar tanaman yang sudah diberikan dapat dirawat dengan baik. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.