Swedia Sambut Para Duta Indonesia

0
33

Oknews.co.id, Stockholme, KBRI Swedia dan Swedish Indonesian Society/Svensk-Indonesiska Sällskapet (SIS) secara rutin menyambut para WNI yang baru tiba di Swedia untuk membantu penyesuaian dengan kebiasaan, norma-norma umum dan adaptasi kehidupan di Swedia. Saat pandemi, kegiatan Welcome to Sweden diselenggarakan secara daring pada Minggu (13/09/2020).

Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg, menyampaikan selamat datang ke Swedia kepada para WNI yang baru tiba, khususnya para mahasiswa Indonesia. Swedia merasa bangga dapat menerima mahasiswa dari Indonesia. Marina berharap agar mahasiswa Indonesia tidak hanya menyerap pembelajaran di bangku perkuliahan, tapi juga belajar dari cara hidup dan kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat ditemukan di Swedia.

Pada kesempatan tersebut, KUAI KBRI Stockolm, Tanti Widyastuti mengatakan, “Saya pribadi dan atas nama KBRI Stockholm mengucapkan selamat, datang untuk Ibu, Bapak dan rekan yang baru datang ke Swedia, sebagian datang untuk bekerja, berkeluarga, maupun untuk melanjutkan studi. Semoga harapan dan tujuan yang dimulai dengan niat baik, akan mendapatkan hasil yang terbaik pula. Selain itu, sebagai Diaspora Indonesia di Swedia, anak-anak merupakan Duta Bangsa, jadilah  duta Indonesia terbaik yang taat hukum, santun, dan unggul serta berperan untuk mempromosikan citra positif Indonesia.”

Setidaknya 50 peserta mengikuti kegiatan ini. Dari jumlah tersebut, setengahnya merupakan mahasiswa yang melanjutkan studinya di Swedia. dapun terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, adalah (i) General Introduction to Sweden oleh Nada Danielsson; (ii) Practical Information for Newcomers oleh Aidilla Pradini; (iii) Research, Study, and Work Culture oleh Prof. Johan Lindquist; (iv) Startup Ecosystem in Sweden oleh Indra Gunawan; (v) How to Find a Job in Sweden oleh Laras Piniji; dan juga penjelasan mengenai Kekonsuleran dan Lapor Diri Online oleh Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Stockholm, Ernest Hadinoto.

SIS merupakan asosiasi Indonesia-Swedia yang memiliki tujuan utama meningkatkan awareness dan ketertarikan khususnya mengenai budaya Indonesia ke masyarakat Swedia dan sebaliknya. Saat ini SIS diketuai oleh Kadri Chanafiah dengan kepengurusan yang diisi oleh WNI dan juga WN Swedia. Asosiasi semacam ini juga ada di beberapa kota lain di Swedia, seperti Gothenburg dan Malmo.

(Sumber: KBRI Stockholm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.