Syiar Ramadhan: Cara Memuliakan Tamu

0
41

Oknews.co.id – Malang, Takmir Masjid A.R. Fachrudin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Kajian Ramadhan pada saat menjelang berbuka puasa. Pada kajian tersebut diisi oleh Drs. H. Sunarto, M.Ag selaku pemateri yang menjelaskan tentang bagaimana cara memuliakan tamu. (18/05/19)

Dalam Islam, memuliakan tamu adalah sebuah amal shalih yang pahalanya bukan saja akan dibalas oleh Allah di akhirat sebagai tabungan, tapi juga akan mendapatkan balasan secara langsung di dunia yang akan segera dirasakan oleh pelakunya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari).

“Sikap memuliakan tamu tidak sekedar menemuinya saja, melainkan harus disambut dengan raut wajah yang ceria sehingga akan membuat orang yang datang kerumah kita merasa nyaman” Ujarnya.

Pemateri juga menjelaskan bagaimana cara untuk memuliakan tamu dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

  1. Jika ada tamu yang datang kerumah kita berucap salam, maka hendaknya kita harus menjawab salam tersebut dengan lengkap.
  2. Kita harus menyampaikan ucapan selamat datang kepada tamu sebagai wujud penghormatan yang hangat kepada tamu.
  3. Kita tidak usah sungkan-sungkan untuk mengajak berkomunikasi kepada tamu agar selalu ada sebuah topik pembicaraan yang harus dibicarakan
  4. Kita harus menampakkan raut wajah yang gembira akan kedatangan tamu agar tamu merasakan kenyamanan dan tidak bosan ketika bertamu
  5. Memberikan penghormatan kepada tamu kita berupa hidangan.

Seperti itulah cara memuliakan tamu yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, marilah sambut tamu kita dengan sambutan yang terbaik kepada tamu kita agar mereka dapat merasakan kenyamanan pada saat bertamu di kediaman kita. (Cakra)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.